TIPOLOGI TATA RUANG DALAM RUMAH ADAT DESA NUALAIN BELU

Authors

  • ARFIE SOLISSA UNIVERSITAS CITRA BANGSA
  • Yosua Yusuf Kaat
  • Louis SPP Hakeng

Keywords:

Tipologi, Tata Ruang, Ruang Dalam, Rumah Adat, Desa Nualain

Abstract

Abstrak: Nualaian adalah salah satu desa yang terletak di kecamatan Lamaknen selatan kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nualain, yang kini menjadi situs budaya Belu, sejak dahulu dihuni 32 suku yang berasal dari tiga rumah suku atau dalam bahasa Bunak disebut Gamal, dimulai dari rumah suku raja yang disebut Gamal Mone Sogo, rumah suku wakil raja atau Gamal Mone Walu dan rumah suku panglima perang yang disebut Gamal Suba. Setiap Gamal menggambarkan kasta dan ciri khas dari setiap suku yang sudah ada di desa adat Nualain. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik dan mendalam mengenai tipologi tata ruang dalam rumah adat desa Nualain. Metode yang digunakan dalam penelitian Tipologi Tata Ruang dalam Rumah Adat Desa Nualain ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi yaitu pendekatan yang melihat dan merekam fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Hasil penelitian terdapat 2 pola ruang yaitu pembagian pola ruang secara horizontal dan vertikal.

References

Ching, F. D. (1985). Arsitektur Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Jakarta: Erlangga.

Moneo, R. (1987). On Typologi. New York: Opposition.

Nursanti, I., & Wardhana, A. (2018). Revitalization of Traditional Architecture in Indonesia. Journal of Architecture and Environment, 2(2), 99-110. Retrieved from https://journals.itb.ac.id/index.php/jae/article/view/5812.

Said, A. A. (2004). Toraja Simbolisme Unsur Visual Rumah Tradisional. Yogyakarta: Ombak.

Suwarto, Y. A., & Winarno, W. (2021). Fenomenologi sebagai Pendekatan Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Kajian Komunikasi, 9(2), 153-162. doi:https://doi.org/10.24198/jkk.v9i2.34834

White, E. T. (1986). Tata Atur Pengantar Merancang Arsitektur. Bandung: ITB.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

SOLISSA, A., Kaat , Y. Y. ., & Hakeng , L. S. . (2024). TIPOLOGI TATA RUANG DALAM RUMAH ADAT DESA NUALAIN BELU. ALUR : Jurnal Arsitektur, 7(2), 104–115. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ALUR/article/view/3466

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.