Adaptabilitas Gedung Komersial Hipermarket melalui Proses Konversi Fungsi
DOI:
https://doi.org/10.54367/alur.v7i1.3737Keywords:
hipermarket, kemampuan konversi, adaptabilitas, kekosonganAbstract
Beberapa negara di dunia telah menerapkan kebijakan konversi fungsi bangunan lama menjadi fungsi baru untuk mendukung terwujudnya siklus bangunan yang berkelanjutan. Di Indonesia terdapat banyak bangunan kosong akibat perubahan situasi lingkungan, seperti berubahnya industri komersial ritel. Penurunan penjualan perusahaan ritel terjadi akibat perubahan pola berbelanja masyarakat yang beralih ke digital. Salah satu industri ritel yang terdampak oleh gaya hidup masyarakat yang berubah ialah perusahaan di bidang hipermarket Giant yang memutuskan menutup sejumlah besar gerai di Indonesia pada tahun 2021. Studi ini bertujuan mengeksplorasi perubahan fungsi bangunan hypermarket untuk melihat kemampuan beradaptasi suatu bangunan. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan mengumpulkan data sekunder, baik dari penelitian lain sebelumnya, pedoman konversi dari kajian terdahulu, hingga kajian teori yang terkait dengan perubahan bangunan yang beradaptasi. Dilanjutkan dengan pengamatan di lokasi salah satu studi kasus untuk mengidentifikasi potensi perubahan serta kategori perubahan yang terjadi. Faktor yang mempengaruhi perubahan perlu dilihat dari lingkungan, bangunan serta unit di dalam bangunan. Lingkungan seperti kualitas alam, citra sosial yang sehat, kelengkapan fasilitas umum dan sosial serta aksesibilitas transportasi umum mempengaruhi potensi fungsi baru. Faktor kesiapan bangunan untuk beradaptasi dilihat dari kondisi fisik bangunan dan aspek teknis. Transformasi unit yang ada di dalam bangunan dapat merefleksikan efektivitas adaptasi yang dilakukan. Kajian ini diharapkan dapat mendorong kebijakan pemangku kepentingan dan pemilik bangunan dalam mengatasi kekosongan gedung sekaligus optimasi adaptabilitas bangunanDownloads
Published
2024-06-01
How to Cite
Asharhani, I. S. (2024). Adaptabilitas Gedung Komersial Hipermarket melalui Proses Konversi Fungsi. ALUR : Jurnal Arsitektur, 7(1), 28–38. https://doi.org/10.54367/alur.v7i1.3737
Issue
Section
Artikel
License
Copyright (c) 2024 ALUR : Jurnal Arsitektur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.