SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK INTERNASIONAL DI PEKANBARU DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK
DOI:
https://doi.org/10.54367/alur.v4i1.821Keywords:
Pendidikan, Taman Kanak-kanak, Arsitektur OrganikAbstract
Pendidikan Prasekolah adalah pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik diluar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar (Depdikbud, Dirjen dikdasmen, 1994: 4). Perancangan Sekolah Taman Kanak-kanak Internasional yang dimaksud untuk memenuhi kebutuhan pendidikan prasekolah. Perancangan ini bertujuan untuk mewadahi fasilitas pendidikan prasekolah yang didalamnya terdapat pendidikan bertaraf Internasional dengan mengikuti kurikulum camridge. Perancangan ini menggunakan pendekatan Arsitektur Organik. Pendekatan diaplikasikan sebagai atau keseluruhan pada bangunan. Arsitektur organik memperhatikan lingkungan menyatu dengan tapaknya. Pendekatan Sekolah Taman Kanak-kanak Internasional ini mengajarkan anak-anak agar belajar menyatu dengan alam dan lingkungannya. Hula hoop rotan adalah konsep dasar perancangan yang dapat menghubungkan pendidikan, anak-anak dan organik. Konsep didapat karena Hula hoop merupakan permainan anak-anak dan terbuat dari bahan rotan yang mana rotan memakai bahan alam. Rotan memiliki sifat lentur, berbentuk memanjang dan bulat, bila rotan dibelah dua akan menjadi bagian yang setangkup. Bentuk dan beberapa sifat dari rotan ini menjadi inspirasi dalam perancangan Sekolah Taman Kanak-kanak Internasional.Downloads
Published
2022-01-12
How to Cite
linda, N. (2022). SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK INTERNASIONAL DI PEKANBARU DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK. ALUR : Jurnal Arsitektur, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.54367/alur.v4i1.821
Issue
Section
Artikel