SPACE IDENTITY DI SEKOLAH ARSITEKTUR DAN SENI STUDI KASUS SEKOLAH BAUHAUS DAN AA SCHOOL OF ARCHITECTURE LONDON
DOI:
https://doi.org/10.54367/alur.v4i1.924Keywords:
space identity, sekolah arsitektur, arsitekturAbstract
Paper ini membahas tentang space identity/ identitas ruang di sekolah atau universitas yang menyelenggarakan program studi atau jurusan arsitektur. Permasalahan yang ditemukan adalah belum adanya pemahaman mengenai space identity yang khusus dalam sekolah arsitektur sehingga perlu dikaji lebih lanjut. Metode yang digunakan dalam pembahasan adalah metode kualitatif dengan metode studi kasus. Â Hasil dari penelitian ini adalah bahwa space identity memiliki makna yang unik dan memiliki identitas. Sebagai sekolah arsitektur yang memiliki kekhususan dalam hal ruang. Makna dari space identity di sekolah arsitektur dan seni sebagai tempat berekspresi dan makna simbolik ruang. Hal tersebut menjadi ciri keunikan dari sebuah sekolah arsitektur dan seni khususnya dari studi kasus sekolah Bauhaus dan AA School of architecture, London.References
AkÅŸehir, T. Åž. (2003). A Study on Architectural Elements of Space Identity: Atakule.
Aminah, S. (2018). Construction of space identity: Socio-historical and political dialectics in the globalisation era. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 31(2), 140.
Creswell, J. W. (2009). Creswell’s Appreciation of Arabian Architecture. In Muqarnas (Vol. 8).
Nooraddin, H. (2012). Architectural Identity in an Era of Change. Developing Country Studies, 2(10), 81–96.
Noorwatha, K. D. (2017). Peciren Bebadungan : Studi Identitas Arsitektur langgam Denpasar. May.
Parliana, D. (2002). Persepsi Ruang Publik Melalui Makna Simbolik. November, 1–12.
Pellegrino, P., & Jeanneret, E. P. (2009). Meaning of space and architecture of place. Semiotica, 2009(175), 269–296.
QAA. (2012). Architectural Association School of Architecture Review for Educational Oversight by the Quality Assurance Agency for Higher Education (Issue December).
Upitis, R. (2004). School Architecture and Complexity. Complicity: An International Journal of Complexity and Education, 1(1).
Y. Ramadin, T., & Mulyana, D. (2012). Memahami Makna dan Tanda dalam Objek Visual Arsitektur Ruang Publik. Panggung, 22(1), 83–93.