PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA DAKON MATEMATIKA (DAKOTA)

Authors

  • Dwi Cahyadi Wibowo STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Ayu Fitri Handayani STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Beni Setiawan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Olenggius Jiran Dores STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1164

Keywords:

Hasil Belajar, Media Dakon Matematika

Abstract

Masalah yang terjadi di Sekolah dasar 04 Sintang pada kelas IV B adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi KPK dan FPB. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan media dakon matematika. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB dengan menggunakan media dakon matematika. Menggunakan pendekatan kualitatif bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B SD Negeri 04 Sintang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 23 orang siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas IV B, guru kelas IV B, kegiatan pembelajaran, dan dokumen. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi (guru dan siswa), soal tes, dan lembar wawancara siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dengan menggunakan media dakon matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi KPK dan FPB dengan kategori sangat baik dan siswa berperan aktif. (2) peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media dakon matematika pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa rata-rata sebesar 71,30 dan meningkat pada siklus II mencapai 81,73 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 10,43 tingkat ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 65,21% dan tingkat ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 91,30% sehingga terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 26,09%. (3) respon siswa melalui wawancara secara langsung menunjukkan respon positif terhadap media dakon matematika. Dapat disimpulkan bahwa media dakon matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB kelas IV B SDN 04 Sintang tahun pelajaran 2019/2020.

References

Andri. dan Rismawati. M. 2018. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Konsep Dasar Matematika SD pada Mahasiswa PGSDâ€. Jurnal VOX Education. Volume 9 No. 2 Hal 91-101.

Arifin, Z. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aspriliana, R. 2018. “Pengaruh Media Dakon Bilangan Terhadap Hasil Belajar FPB dan KPK Siswa SDN 34 Pontianakâ€. Artikel. Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.

Fauziddin, M. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui model Pencapaian Konsep dengan Bantuan Alat peraga Dakon Bilangan Pada Materi KPK dan FPB Di Kelas IV SDN 001 Petapahan Kecamatan Tapungâ€. Artikel. Petapahan: STKIP Pahlawan Tuanku Tambusaiâ€.

Istiani. A. dan Arnidha. Y. 2018. “Pendampingan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Dakota pada Pembelajaran FPB dan KPKâ€. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume 8 No. 1 Hal 66-70.

Kanginan, M. dan Darmawan, A. B. 2017. Matematika Untuk Siswa SD/MI Kelas IV. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Kunandar. 2016. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Majid, A. 2014. Penilaian Autentik Proses Dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Renita. 2017. “Keefektifan Media Dakon Modifikasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Tunanetra Kelas V Di SD Luar Biasa A Yaketunisâ€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Utami, D. W. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Dakon Bilangan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematikaâ€. Artikel. Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Wibowo, Dwi Cahyadi; Deta, Yuliana; Dores, Olenggius Jiran. 2020. ‘Efektivitas Belajar Dari Rumah Di Tengah Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6.2 (2020), 228–41.

Yunista, 2018. “Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian pada Peserta Didik Kelas III C SD Negeri 20 Mambok Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Skripsi. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa.

Published

2021-07-07

How to Cite

Wibowo, D. C., Handayani, A. F., Setiawan, B., & Dores, O. J. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA DAKON MATEMATIKA (DAKOTA). Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 176–185. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1164

Issue

Section

Artikel