Upaya Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Girsang Sipangan Bolon

Authors

  • Desi Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1220

Keywords:

Pendidikan

Abstract

salah satu upaya yang dapat meningkatkan kinerja mengajar Guru-Guru Sekolah Dasar adalah meningkatkan supervisi di sekolah tersebut. supervisi yang dimaksud yaitu adanya hubungan yang harmonis antar kepala sekolah dengan guru, dam melakukan supervisi dengan baik.

Author Biography

Desi Sijabat, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Prodi PGSD-Dosen

References

Abdullah, Sandy. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.

Anderson,Robert J, &Gerald R. Firth, &Richard F. Neville. (1981). Instructional Supervision. Boston: Alyn and Becon.

Anoraga, Pandji. (2006). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Asroi, (2013). Study Tentang Kinerja mengajar Guru: Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Madrasah, Budaya, dan Motivasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru Madrasah Aliyah se-Kota Bekasi. Disertasi. UPI

Byars, L. L, & Rue, L. W. (1992). Human Ressouces management. (3rd ed). Boston: Irwin In.

Bernardin, J.H. & Russel, J.E. A (1993). Human Resource Management.Singapore: Mc Graw-Hill.

Burton, WH, dan Bruckner, Lee J.(1955). Supervision. New York: Appleton Century -Craff, Inc.

Darwanto, & Farid Mohammad. (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta. Gava Media.

Deborah, Kapcha. (2018). Performance. The Journal Of American Folklore. Vol 108, (430) November 2019. http://www.stor.org/stable/541657.

Depdiknas. (2000). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Djunaedi, (2008). Hubungan Kepemimpinan dengan Kinerja Karyawan Pada PT. Tempo Scan Pacificn Surabaya. Vol.29. 285. Maret http//proquest.umi.com/pqdweb.

Fraenkle, Wallen & Hyun. (2012). How To Design and Evaluation Research in Education(8th ed). McGraw-Hill.

Hidayat Syarif dan Asroi. (2013). Manajemen Pendidikan Sustansi dan Implemetasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Solihin, A.M (2007). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Mengajar Guru Bantu sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Tasikmalaya. Tesis. Program Pascasarjana UPI.

Subagyo, Andreas. (2004). Pengantar Riset Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Kalam Kudus.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. (2011). Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana.

Teta, Jenar. (2 Oktober 2012). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Fasilitas Mengajar Guru terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Jurnal. http//proquest. umi. com/pqdweb.

Wiles, John and Bondi,Joseph. (1986). Supervision: A Guide to Practice. Columbus: Charles E. Merrill Pub.

Yamin Martinus dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jambi: Gaung Persada

Published

2021-07-07

How to Cite

Sijabat, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 191–202. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1220

Issue

Section

Artikel