PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1228Keywords:
PendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan observasi dan tes sebagai alat pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV-1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 22 siswa dan kelas IV-2  Sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 22 siswa.Dalam pengujian hipotesis digunakan uji statistic uji “t†hasil perhitungan tersebut dari daftar distribusi dengan dk =  dan = 0,05 untuk harga-harga t lainnya H ditolak. Berdasarkan harga kritik distribusi t ternyata dk = 42 (0,05) = 2.003. Dari hasil perhitungan ternyata thitung > ttabel pada taraf = 0,05 yakni (3.50 > 2.003) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran PAIKEM mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa.References
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmajari, Heriawan Adang, Senjaya Arif. (2012). Metodologi Pembelajaaran: Kajian Teoritis Praktis; Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran. Serang –Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru).
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mohammad Jauhar. S, (2011). Implementasi PAIKEM dari behavioristik sampai konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhibbin Syah dan Rahayu Kariadinata. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Bandung : Bahan Pelatihan, UIN Sunan Gunung Djati.
Mulyani Sumantri dkk. (1999). Stategi Belajar Mengajar, Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar. IBRD: Loan 3496 - IND
Sanapiah Faisal. (1990). Penelitian kualitatif: Dasar- dasar dan Aplikasi. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh (YA3 Malang).
Sofan Amri & Iif Khoiru Ahmadi, (2010). Proses Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif Dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tim Penyusun. ( maret 2015). Panduan Penyusunan Proposal Skripsi, Skripsi dan Artikel Jurnal Ilmiah. Bandung: FKIP UNPAS.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
Yudhi dan Farida Hamid. (2009). Strategi Dan Model-Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Jakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah