PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP CAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 122358 PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Osco Parmonangan Sijabat Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Tarida Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Apriani Sijabat Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Srinatalia Silaen Universitas HKBP Nommensen P. Siantar

Keywords:

Pembelajaran Online, Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran online pada masa pandemi Covid19 sebagai strategi pembelajaran dan capaian hasil belajar pada siswa kelas  III SD Negeri 122358 Pematangsiantar. Masalah  yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah: Bagaimanakah strategi pembelajaran online pada masa pandemi Covid19 dapat mempengaruhi capaian belajar siswa kelas  III SD Negeri 122358 Pematangsiantar? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas III, dan 2 orang siswa kelas III SD Negeri 122358 Pematangsiantar. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik  analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyusunan data dan kategorisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran online dilaksanakan secara daring dengan menyusun perencanaan dan pelaksanaan, perencanaannya yaitu membuat materi dan soal evaluasi, sedangkan pelaksanaannya yaitu membagikan materi dan tugas ke grup WhatsApp serta siswa yang tidak memiliki handphone mengambil soal ke sekolah atau guru datang ke rumah siswa. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa tidak semua siswa dapat menjalani pembelajaran online dan hasil belajar siswa tidak semua tercapai disebabkan berbagai faktor seperti siswa tidak mempunyai handphone atau aplikasi WhatsApp, signal  internet yang sulit dijangkau sebab rumah siswa yang berada di desa, kesadaran siswa akan tanggungjawabnya dalam mengerjakan tugas masih kurang, dan kesadaran orangtua maupun kondisi lingkungan yang kurang mendukung sehingga capaian hasil belajar siswa kurang maksimal.

References

Abdi, Usman Rianse. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Bandung: Alfabeta. Abidin, Zainul. 2017. Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.

Ahmadi. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Asmara, A. P. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 15(2).

Baharun, Hasan. 2015. Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 1 No. 1.

Batubara, Hamdan Husein. 2020. Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.

Darmansyah, S.T. M, Pd. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

David, Fred R. 2011. Strategic Management. Buku 1 Edisi 12 Jakarta.

Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Fajar, I., Kamal, N., Faisal, D., Ds, S., & Ds, M. 2017. Perencanaan Video Promosi Cafe Ombewok. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(2).

Fathurrahman, M., & Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Hanum, Numiek Sulistyo. 2013. Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, Nomor 1.

Hapsari, Swita Amalia 2019. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA Jurnal Ilmiah Komunikasi.

Hartanto, Aat. 2010. Panduan Aplikasi Smartphone. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Khotimah, Khusnul. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Aktivitas Belajar. Surakarta: Tiga Serangkai.

Labasariyani, N. L. P., & Marlinda, N. 2014. Penggunaan Video Pembelajaran Sebagai Alat Bantu dalam Mempersiapkan Bahan Ajar Kalkulus I Untuk Mahasiswa STIMIK STIKOM Indonesia. Junal S@ CIES, 5, 1-3.

Mahmud, Syaifuddin, & M. Idham. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Syiah Kuala: Syiah Kuala University.

Mandagi, Mieke O., & Nyoman Sudana Degeng. 2019. Model dan Rancangan Pembelajaran. Malang: CV Seribu Bintang.

Mardiana, Tria, & Arif Miyat Purnanto. 2017. Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. Journal.ummgl.ac.id.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nadziroh, Faridatun. 2017. Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual 2.

Noor, Syamsudin. 2014. Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxcio di Malang.

Nurdyansyah, N, & Andiek Widodo. 2015. Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Richardo, & Rini Intansari M. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 2 No. 2.

Rosyid, Zaiful. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Membangun Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sahidillah, M. Wildan, & Prarasto Miftahurrisqi. 2019. WhatsApp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Journals.ums.ac.id.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjono, A. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugandi, A. Suryati, & C. Indah, D.R. 2017. Pengaruh Pembelajaran CTL Berbasis Enterpreneurship Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Minyak Bumi. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. 2018. Penggunaan Sosial Media WhatsApp dan Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 07(1), 1-22.

Published

2021-07-07

Issue

Section

Artikel