Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas VIII

Authors

  • Jhonas Dongoran Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Riama Medan
  • Bronika Septiani Sianturi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Riama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1245

Keywords:

Keguruan, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 22 Medan. Dan sampel diambil secara random sampling dimana satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen I yaitu kelas yang diajar dengan pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) dan satu kelas lagi dijadikan sebagai kelas eksperimen II yaitu kelas yang diajarkan dengan pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan kriteria pengujian thitung > ttabel. Dari hasil perhitungan diperoleh thit 4,562 > ttab 3,063. Dengan demikian H0 ditolak sedangkan Ha diterima, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe STAD di kelas VIII pada materi sistem organ pada manusia.

Author Biographies

Jhonas Dongoran, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Riama Medan

Dosen Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Riama

Bronika Septiani Sianturi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Riama Medan

Dosen Pendidikan Kimia STKIP Riama Medan

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, S.B. Zain. A. 2010. Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: Reneka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan:Media Persada .

Jihad, Asep, Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kurniasih, I dan sani, B.2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.Jakarta : Kata pena

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan ProfesionalismeGuru. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sadirman,A.M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Slavin, R.E. 2010. Cooperatif Learning: Teori, Risel dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Thobroni, M. 2016. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta :Ar-Ruzz Media

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Published

2021-07-07

How to Cite

Dongoran, J., & Sianturi, B. S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 240–245. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1245

Issue

Section

Artikel