PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 LUBUKLINGGAU
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1247Keywords:
Pengembangan, Lembar kerja Siswa, Discovery Learning.Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS (LKS) Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Lubuklinggau yang valid dan praktis. Jenis penulisan yaitu Research and Development (Pengembangan) dengan model pengembangan 4-D. Hasil validasi ahli bahasa, ahli materi dan ahli media dengan interpretasi validitas cukup tinggi. Secara keseluruhan hasil validasi dari para ahli masuk dalam kategori baik (cukup tinggi). Sedangkan untuk uji coba kepraktisan small group dan uji kepraktisan respon guru dikategorikan sangat praktis. Disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Lubuklinggau valid dan praktis untuk digunakan.References
Arifin, Z. A. I., & Dzikriyah, N. A. S. (2019). Pengembangan LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial untuk SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9-15.
Aziz, A. (2017). Komunikasi Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. Jurnal Mediakita, l(2),173-184.
Azwar. S. (2015). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Cintia, N. I., dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69-77.
Febriandi, R. (2019). Validitas LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(2), 148-158.
Fitria, E., dkk. (2018). Pengembangan Lembar Keja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X MIA SMA N 9 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 7-12.
Fitriyana, N., & Lucy, A. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 17-25.
Hendriana, E. C., & Amol, J. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25-29.
Hidayat, A., & Indra, I. Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfailitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia, 1(2), 51-63.
Ikhsan, A., dkk. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar di SD rnal Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1-11.
Ismatulloh, K. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi dalam Pembelajaran Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 24-28.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.
Pane, A., & Muhammad, D.D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Rosarina, G., dkk. (2016). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371-380.
Shalikhah, N. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPS Berbasis Pendekatan Scientific. Tarbiya Tuna, 7(2), 144-166.
Sintawati, M., dkk. (2020). Penggunaan Realistic Mathematic Education dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 93-101.
Yerimadesi., dkk (2018). Validitas dan Praktikalitas Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk SMA. Jurnal Eksakta Pedidikan (JEP), (2)1, 17-24.