EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1308Keywords:
Google Classroom, Hasil Belajar Matematika, Media InteraktifAbstract
Berbagai teknologi dipakai dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik dalam dunia pendidikan. Ada beberapa aplikasi bersifat interaktif yang bisa dipergunakan guru dan juga para peserta didik untuk belajar matematika. Salah satunya yaitu penggunaan google classroom. Pemanfaatan goolge classroom ini dapat membuat kelas maya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas penerapan media pembelajaran interaktif berbasis google classroom dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI. Penelitian ini bersifat eksperimen non-equivalent control group desain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika pada siswa yang diajar tanpa penerapan media pembelajaran berbasis goolge classroom dan kelas yang diajar dengan penerapan media pembelajaran interaktif berbasis goolge classroom. Disamping itu, penggunaan pembelajaran berbasis google classroom lebih efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI dibanding pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis google classroom.References
Atikah, dkk. (2021) Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi dan Informasi.
Chusyairi, Ahmad, dkk. (2021). Pelatiahan Pembuatan Media Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Google Classroom Di SMAN 15 KOTA BEKASI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77.
Kurniawan B., Purnomo A. & Idris. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online bagi Guru Matapelajaran IPS. International Journal of Community Service Learning.
Malalina & Yenni R. F. (2018). Pelatihan Google Classroom Untuk Mengoptimalisasi Proses Pembelajaran di FKIP Universitas Tamansiswa Palembang. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 58-70.
Mansur, N. (2015). Pencapaian Hasil Belajar Ditinjau dari Sikap Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 3(2), 107–115
Mayasari F., Dwita D., Jupendri, Hanafi N.K. & Putra N.M. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(1), 18-23.
Najikhah, F., Budiyono, & Wardi. (2016). Keefektifan MPI Game Edukasi terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas 1 Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(2), 58–65
Novian D. R. (2019). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom sebagai Media E-Learning bagi Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Nusa 50
Novalia M., Ismanto E., Vitriani, Darni R., Alrian R. & Herlandi P.B. (2018). Google Apps For Education (Gafe) Demi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Era Digital Di SMK DAR-EL Hikmah Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(2), 7-11.
Surahman. (2019). Efektivitas Penggunaan Edmodo dalam Pembelajaran Matematika. https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.13140%2FRG.2.2.25121 .04966
Wardono, Waluya, S. B., Mariani, S., & Safitri, A. D. (2016). Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics: Conference Series, 693(1), 1–10.