MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI (3D) KELAS V SD NEGERI 091281 BATU IV

Authors

  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Veria Tika Sihombing Universitas HKBP Nommensen P. Siantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1320

Keywords:

learning outcomes, three-dimensional (3D) visual media

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada pokok bahasan menulis puisi. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil pembelajaran Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 59% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 70 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu adalah 12 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 66,67 dengan rata-rata sebesar 74,16. Hasil belajar Siklus II dengan perbaikan pelaksaaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 80% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa diperoleh 84 dengan kategori baik, ketuntasan belajar secara individu yaitu 16  siswa, sedangkan ketuntasan secara klasikal adalah 88,8 dan nilai rata-rata sebesar 83,88.

Author Biography

Nancy Angelia Purba, Universitas HKBP Nommensen P. Siantar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media

NS, Sutamo. 2008. Menulis Yang Efektif. Jakarta: Sagung Seto

Rumampuk, D.B. 1998. Media Instruksional IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sandewita, N. 2014. Media Pembelajaran 3Dimensi. (online). Tersedia: http://www.vh asande.blogspot.com/2014/04/media-pembelajaran-3-dimensi.html?m=1

Tarigan, H.G. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Purba, Nancy Angelia. 2016. Penerapan Teknik Rekayasa Teks dengan Media Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Volume 6 No. 3 Desember 2016

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelaaran Inovatif-Progresi. Jakarta: Prenada Media Group.

Published

2021-07-07

How to Cite

Purba, N. A., & Sihombing, V. T. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI (3D) KELAS V SD NEGERI 091281 BATU IV. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 322–343. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1320

Issue

Section

Artikel