ANALISIS KEMAMPUAN MENENTUKAN PENGETAHUAN RELIGIUSITAS MAHASISWA DALAM CERPEN HUJAN DI BULAN SEPTEMBER
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1355Keywords:
Pengetahuan, Religiusitas, CerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan religiusitas mahasiswa setelah embaca cerpen Hujan di Bulan September. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes uraian. Tes uraian yang digunakan telah divalidasi oleh validator. Analisis data penelitian dilakukan dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian Pengetahuan religiusitas mahasiswa berdasarkan dimensi ideological atau keyakinan yakni mendapatkan rata-rata nilai 47,5 dengan kategori rendah. Pengetahuan religiusitas mahasiswa berdasarkan dimensi intellectual atau pengetahuan agama yakni mendapatkan rata-rata nilai 63,75 dengan kategori tinggi. Pengetahuan religiusitas mahasiswa berdasarkan dimensi ritualistic atau peribadatan yakni mendapatkan rata-rata nilai 71,25 dengan kategori tinggi. Pengetahuan religiusitas mahasiswa berdasarkan dimensi experiential atau pengalaman yakni mendapatkan rata-rata nilai 67,5 dengan kategori tinggi. Serta pengetahuan religiusitas mahasiswa berdasarkan dimensi conscequantial atau pengamalan yakni mendapatkan rata-rata nilai 42,5 dengan kategori rendah. Secara keseluruhan, hasil penelitian pengetahuan religiusitas mahasiswa setelah membaca cerpen Hujan di Bulan September, dominan tergolong dalam dimensi ritualistic atau peribadatan.References
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ainiyah, L., Kusmiyati., & Haerussaleh. (2019). Analisis Nilai Religiusitas dan Makna dalam Tembang Pangkur Sunan Drajat. Ksatra, 1(2), 81-92.
Basri, Y. M., & Surya, R. A. S. (2014). Pengaruh Keadilan, Norma Ekspektasi, Sanksi dan Religiusitas terhadap Niat dan Ketidak Patuhan Pajak. Akuntabilitas, VII (3), 162 -176.
Fitriani, Y. (2018). Pengaruh Minat Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Kelas VI SD Negeri 68 Palembang. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 32-42.
Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia , 1(1), 1-12.
Milawasri, F. A. (2017). Analisis Karakter Tokoh Utama Wanita dalam Cerpen Mendiang Karya S.N. Ratmana. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 87–94.
Najib, M., A. (2018). Konsep dan Implementasi Pembinaan Religiusitas Siswa di SMA. Jurnal Tawadhu, 2(2), 556-571.
Nilawijaya, R. (2019). Kemampuan Siswa Kelas X SMA N 06 OKU Menemukan Nilai Agama dalam Cerita Pendek 4 Kopiah Karya Faqih Sulthan. Jurnal Puitika, 15(1), 23-35.
Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nuroh, E. Z. (2011). Analisis Stilistika dalam Cerpen. Pedagogia, 1(1), 21-34.
Purwaningsih, E. (2010). Keluarga dalam Mewujudkan Pendidikan Nilai sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Nilai Moral. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 1(1), 43-55.
Pusparita, I., & Sumadyo, B. (2020). Tindak Tutur Direktif dan Fungsinya dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 “Kelas Berceritaâ€. Diskursus, 3(1), 3543.
Putri,C.C.,& Nyoman, I.B.(2017).Pengaruh Desain dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen melalui Kepuasan Pembelian Laptop Asus . Jurnal Manajemen Dewantara, 1 (1): 110 – 122.
Rahman, M. A. (2019). Nilai, Norma dan Keyakinan Remaja dalam Menyebarkan Informasi Sehari-Hari Di Media Sosial. JIPI, 4(1), 68-83.
Riduwan. (2018). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (Untuk Mahasiswa S-1, S-2 dan S-3). Bandung: Alfabeta.
Saifuddin, A. (2019). Psikologi Agama Implementasi Psikologi untuk Memahami Perilaku Beragama. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Soraya, A. I., & Badaruddin, M. S. (2019). Efektifitas Cerita Pendek sebagai Media Kampaye “Stop Bullying†terhadap Siswa SMP dikota Makassar: Fungsi Edukatif Karya Sastra. Jurnal Ilmu Budaya, 7(2), 266-272.
Subur. (2007). Pendidikan Nilai: Telaah tentang Model Pembelajaran. Insania, 12(1), 110.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Suraji, I. (2012). Urgensi Kompetensi Guru. Forum Tarbiyah, 10(2), 236-251.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Umar, M. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Religius dalam Kehidupan Masyarakat Heterogen di Indonesia. Jurnal Civic Education, 3(1), 71-77.
Urumsah, D., Wicaksono, A. P., & Hardinto, W. (2018). Pentingkah Nilai Religiusitas dan Budaya Organisasi untuk Mengurangi Kecurangan?. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9(1), 156-172.
Zuhirsyan, M., & Nurlinda. (2018). Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah. Al-Amwal, 10(1), 48-62.