PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Medeylin Panggabean Universitas Riau
  • Guslinda Universitas Riau
  • Otang Kurniaman Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1466

Keywords:

Learning Media,, Cartoon, Puppets, Social Studies Learning

Abstract

This study aims to develop cartoon puppet media for social studies learning in elementary schools and to determine the feasibility of developing cartoon puppet media. This study uses research and development methods or Research and Development (R&D) using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The data collection technique used is by using a questionnaire and a limited trial. The results of the feasibility of the cartoon puppet media were obtained from the validation of experts and media trials. Validation is carried out by media experts, material experts and practitioners. The validation results show that the cartoon puppet media is very valid. Limited trials conducted on 5 students got a response that was categorized as very good. The results of this development research indicate that the cartoon puppet media is suitable for social studies learning in elementary schools. Tun, Social Studies Learning.  Keywords: Learning Media, Cartoon Puppets, Social Studies Learning  

References

Afi, Liza Anna. 2020. “Pengembangan Media Wayang Kartun Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri (Iain). Bengkulu.

Andrean, Seka. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Wayang Kartun Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di SD/MI Bandar Lampung”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung.

Hasanah, Khomsatun Amalia. 2019. Penggunaan Media Wayang Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimakcerita Nonfiksi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kotagede 3. Prosiding Seminar Nasional PGSD. Kotagede: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kusyari, dkk. 2017. “Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantu Media Wayang Kartun Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswakelas II SDN Pandean Lamper 01 Semarang”, Jurnal Pendas Mahakam, 2 (2), hlm. 164- 178.

Mualimah, Ana, Henry Praherdhiono, Eka Pramono Adi. 2019. “Pengembangan Kuis Interaktif Nahwusebagai Media Pembelajaran Drill And Practice pada Pembelajaran Nahwudi Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al- Ishlahiyah Malang”. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), hlm.203- 212.

Nanda, dkk. 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash 8.0 Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia”. Jurnal Pendidikan Sains (JPS) ,7(2), hlm.172-178.

Nidawati. 2013. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Agama”. Jurnal Pionir, 1(1), hlm. 13-28.

Purnama, Sigit. 2013. “Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab)”. Jurnal Literasi, Volume, 4(1), hlm. 19-32.

Setyowati ,Rini dan Wira Fimansyah. 2018. “Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 3(1), hlm.14-17.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widyarti, Eny. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Wayang Kartun Di Kelas B 3 TK Dharma Wanita Persatuan Desa Pasinan Lemah Putih Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik”, 4(2), hlm.192-200.

Wina Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra.

Downloads

Published

2022-02-05

How to Cite

Panggabean, M., Guslinda, & Kurniaman, O. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 197–209. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1466