PENGARUH SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1510Keywords:
Pengaruh, Sikap, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah sikap siswa terhadap hasil belajar matematika masih rendah, hal ini terlihat sikap siswa mengalami kebosanan ketika pembelajaran berlangsung dan masih banyak keluhan dari siswa untuk belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 091301 Kecamatan Panombeian Panei Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091301 Kecamatan Panombeian Panei Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2021/2022. Data yang diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya di uji normalitas data serta di uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji t, uji R2, uji F. Kesimpulannya adalah nilai Sig. (2-tailed) =0,005 lebih kecil dari 0,05 (5%). Ini artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya sikap siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 091301 Kecamatan Panombeian Panei Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2021/2022. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,311. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana Y = 96.777 - 0.276 X.References
Arikunto, Suharsini. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta : Rhineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Fontana. (2007). Pembaharuan Dalam PBM di SD. Bandung: UPI PRESS.
Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemdikbud. (2013). Penerapan kurikulum 2013. Jakarta: kemdikbud.
Purwanto, Ngalim. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Santoso, Singgih. (2004). Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS Versi 11.5. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Saylor. (2007). Pembaharuan Dalam PBM di SD. Bandung: UPI PRESS.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sitopu, Joni Wilson, (2020). Pengaruh sikap mahasiswa dalam pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematika dasar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP USI Pematangsiantar TA 2019/2020. Edisi 8, E-ISSN 2302-6553, Metabio, 2020 - neliti.com.
Sitopu, Joni Wilson, dkk. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan, Medan : Yayasan Kita Menulis.ISBN : 978-623-342-228-4.
Sitopu, Joni Wilson. (2021). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Dengan Aplikasi SPSS. Medan : Dedikasi Sains dan Teknologi (DST) Edisi 2.
Sudjana, Nana. (2008). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta : Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Yusuf, dan Nurihsan. (2008). Teori Kepribadian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.