PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Authors

  • Jhonas Dongoran STKIP Riama Medan
  • Bronika Septiani Sianturi STKIP Riama Medan

Keywords:

Pembelajaran Daring, Kemampuan Kognitif, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Penyebaran covid-19 menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Akibat dari pandemi menyebabkan seluruh masyarakat harus social distancing termasuk pada proses pembelajaran yang pelaksanaannya secara daring atau dalam jaringan.Dengan menerapkan pembelajaran daring perlu dilakukan penelitian bagaimana pengaruhnya terhadap kemampuan kognitif siswa di SMP Padamu Negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari pembelajaran daring terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Padamu Negeri T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Padamu Negeri yang berjumlah 50 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan di kelas VII-2 SMP Padamu Negeri  pada materi pencemaran lingkungan T.A 2020/2021 diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,80. Sedangkan kemampuan kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan T.A 2020/2021 memiliki nilai rata-rata sebesar 50,35. Berdasarkan dari hasil uji regresi linear sederhana disimpulkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,524 atau senilai dengan 40% yang artinya pembelajaran daring mempunyai pengaruh sebesar 40% terhadap kemampuan kognitif siswa dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,0001 yang dimana nilai ini lebih kecil dari alpha sebesar 0,05. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran daring berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa. Ketika Sig<0,05 maka Ha dapat diterima sedangkan H0 ditolak. Dimana Ha yaitu pembelajaran daring berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif siswa dan H0 yaitu pembelajaran daring tidak berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa.

Author Biography

Jhonas Dongoran, STKIP Riama Medan

Dosen Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Riama

References

Anggraini, W., Nasirun, M., & Yulidesni. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 32.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dongoran, J & Bronika, S. Distance Learning Training With Google Classroom at SMA N 1 Sibabangun Regency Central Tapanuli. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Reka Elkomika: Bandung.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Lantanida, 173.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 166.

Hijriati. (2016). Tahapan Perkembangan Kognitif pada Masa Early Childhood. Jurnal Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 34.

Indrijati, H. 2016. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana.

Kuswana, W. S. 2014. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mailani, E., Yusnadi, & Simanjuntak, E. B. (2020). CD Pembelajaran Interaktif Solusi Pembelajaran di Masa Pandemic. Jurnal Handayani, 39.

Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 198.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 216.

Sarahutu, M. G. (2020). Pembelajaran Online, Minat Belajar, dan Kehidupan Sehari-hari Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma di Tengah Covid-19. SKRIPSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, 29-31.

Siregar, S. 2014. Statistik Parametrik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryono. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sujiono, N. Y., & dkk. 2006. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Dongoran, J., & Sianturi, B. S. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(1), 1–6. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/1563