PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HOME VISIT DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Ropinus Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i1.1565

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Home Visit, Metode Pemberian Tugas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode home visit dan pembelajaran dengan metode pemberian tugas pada mata pelajaran Matematika di kelas VII SMP Padamu Negeri di kota Medan T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Padamu Negeri yang berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas.  Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik sampling, dimana sampel berjumlah 60 di bagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen I dengan jumlah 30 siswa dan kelompok eksperimen II dengan jumlah 30 siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes pilihan berganda terdiri dari 20 butir soal untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data nilai rata-rata hasil belajar metode pembelajaran Home Visit sebesar 80,93 dan nilai hasil belajar metode pembelajaran Pemberian Tugas 74,68. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen) serta hasil pengujian hipotesis menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima dengan hasil hitung thitung > ttabel yaitu 2,46 > 1,87. Peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh dengan menggunakan metode pembelajaran Home Visit dan Pemberian Tugas terhadap hasil belajar matematika di Kelas VII SMP Padamu Negeri  T.A 2020/2021.

References

Dimyati, dan Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2010). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dongoran, J.& Bronika .S. (2021). Distance Learning Training with Google Classrom at SMAN 1 Sibabangun Regency Central. Jurnal Pengadian kepada Masyarakat. Reka Elkomika: Bandung.

Dwita, K. D., & dkk. (2018). Pengaruh Home Visit dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar2,46 > 1,87 Siswa Di SD IT Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA), Vol 20(01), 1-15.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Nirmala, B., dan Annuar, H. (2021). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5(2), 1052-1062.

Poerwadarminta, W. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmayanti, dkk. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD Toriapes Kasimbar. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol 1(3), 144-156.

Seruni, dan Hikmah, N. (2014). Pemberian Umpan Balik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Formatif, Vol 4(3), 227-236.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhendri, H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktif berbasis Penemuan Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, Vol 3(3), 177-183.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol 5(3), 133-140.

Seruni, dan Hikmah, N. (2014). Pemberian Umpan Balik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Formatif, Vol 4(3), 227-236.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Sidabutar, R. (2023). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HOME VISIT DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA . Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(1), 7–14. https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i1.1565