MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS LIPAT (ORIGAMI) PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA SISWA KELAS IV SD SWASTA BHARLIND SCHOOL

Authors

  • Lusiana Simamora STKIP Riama Medan
  • Herna Jusnita Simamora Universitas Efarina

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1587

Keywords:

Keywords: learning outcomes, origami media, triangles

Abstract

This type of research is classroom action research on the subject of triangles. The purpose of this research is to improve and/or improve learning practices in schools. The data collection tools used in this study were observation sheets and tests. Based on the results of the first cycle of learning, the results of the implementation of teacher activity learning are 60% with sufficient categories and the results of student observation sheets are 63.6 in the sufficient category, meaning that learning has not reached the criteria for good learning implementation. Student learning outcomes in the first cycle with an average of 69.2 with individual student learning completeness is 13 people, while the second learning outcomes with improvements in the implementation of learning on teacher activities obtained 79.7% with good category and the results of the implementation of learning on student activities obtained 80 with good category, individual learning completeness is 23 students, while classical completeness is with an average value of 80.6.  

References

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bukit, Efrata Nail. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Talking Stick pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gerak Benda di Kelas III SD Negeri Dolat Rayat Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Quality: Tidak diterbitkan.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Dimyati Mahmud. 2017. Psikoligi Pendidikan. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.

Ega Rima Wati. Ragam Media Pembelajaran.Penerbit: Kata Pena.

Fajar Setiawan. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Kertas Origami. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD).1(2):78-85.Diakses dari: https://www.google.com/url?sa=t&source= web&rct=j&url=http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/download/1905/1505/&ved=2ahUKEwiyubaAhdvlAhXCbn0KHQvcDjMQFjAKegQIAxAB&usg=AOvVaw0NnM_YzYhfqkrnGcMnaZif. Tanggal 28 September 2019.

Han, Georgius. 2008. Dinorigami. Jakarta: PT Kawan Pustaka.

Karo-karo, Isran Rasyid 2018.Manfaat Media Dalam Pembelajaran.Diakses dari:https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/download/1778/1411&ved=2ahUKEwjZ0_bC4sHmAhWDfH0KHX_sBRcQFjAGegQICRAF&usg=AOvVaw1LHuPZa8e_JCXjCmKrTVFc pada tanggal 10 November 2019.

Lia Susanti. 2013. Pembelajaran Berbasis Origami untuk Meningkatkan Visualisasi Special dan Kemampuan Geometri Siswa SMP. Diakses dari: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2697.Pada tanggal 28 September 2019.

Nanang Ganda Prawira. 2017. Seni Rupa dan Kriya.Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Nushrotuddiniyah. 2018. Pengaruh Media Kertas Lipat (Origami) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Simetri Bangun Datar di MIN 4 Ngantru Tulungagung. Diakses dari: Repo.iaintulungagung.ac.id/8069 /BAB%20II.pdf Pada tanggal 15 September 2019. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung: Tidak diterbitkan.

Perangin-angin, Elpina. 2011.Penerapan Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Subpokok Bahasan Lingkaran di Kelas V SD Negeri 043935 Kabanjahe. Universitas Negeri Medan: Tidak Diterbitkan.

Piet A. Sahertian. 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rostina Sundayana. 2016. Media dan Alat peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta, cv.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Septi Zulfina. 2018. Pemanfaatan Kertas Origami Sebagai Media Pembelajaran dalam Mengembangkan Kreativitas Anak TK Mujahidin II Pontianak. Diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rc t=j&url=http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/5748/6573&ved=2ahUKEwiPsf_e4sHmAhVNfH0KHWnEB78QFjACegQIChAF&usg=AOvVaw0LgpW8qQ1C3By06ku_mjj4&cshid=1576760586864.Pada tanggal 10 November 2019.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Steffi Adam. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam.Diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/download/400/258&ved=2ahUKEwjcxfbg4cHmAhXMeisKHfBRCSYQFjADegQIAhAF&usg=AOvVaw2fiZF6GxS0t_Cc_zQ77zIU&cshid=1576760437650 pada tanggal 10 November 2019.

Sudjana. 2017. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharsimi Arikunto. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunhaji.Konsep Manajemen dan Implikasinya dalam Pembelajaran.2 (2): 32 diakses dari: https://media.neliti.com/media/publications/104713-ID-konsep-manajemen-kelas-dan-implikasinya.pdf pada tanggal 25 september 2019.

Syakuntala. 2017. 100 Permainan Anak PAUD dan TK untuk Perkembangan Anak: AreaKita Media.

Tri Susilo. 2014. Materi Segitiga untuk Sekolah Dasar. Diakses dari:https://trisusilomath.wordpress.com/2014/01/19/materi-Segitiga-untuk-sekolah- dasar/. Tanggal 11 Oktober 2019.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta: Prenada Media Group.

Purba, Nancy Angelia. 2016. Penerapan Teknik Rekayasa Teks dengan Media Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi.Jurnal Tematik Volume 6 No. 3 Desember 2016

Wina Sanjaya. 2006. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Yohanes Lagadoni Keraf. 2016. Penggunaan Media Papan Berpaku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas III SDN Sawit Sewon, Bantul, Yogyakarta. Diaksesdari:https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://eprints.uny.ac.id/48070/&ved=2ahUKEwia68uYqLkAhWRaCsKHcd7CRMQFjAAegQIBRAC&usg=AOvVaw2i04dwNqvtaPseZvmfMvIE Pada tanggal 09 September 2019.

Zainal Aqib, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Downloads

Published

2022-02-04

How to Cite

Simamora, L., & Simamora, H. J. . (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS LIPAT (ORIGAMI) PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA SISWA KELAS IV SD SWASTA BHARLIND SCHOOL. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 45–55. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1587