ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1649Keywords:
analisis, pembelajaran daring, aplikasi whatsAppAbstract
Penelitian dilatar belakangi oleh pembelajaran daring menggunakan whatsApp pada masa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian adalah menganalisis pembelajaran daring menggunakan whatsApp, kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring menggunakan whatsApp serta bagaimana upaya kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa dalam mengatasi kekurangan pembelajaran daring menggunakan whatsApp. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian proses pembelajaran daring dilakukan dengan cara panggilan video dan mengirimkan tugas di whatsApp grup. Kelebihan pembelajaran daring menggunakan whatsApp yaitu faktor evalusi yang meliputi efektivitas biaya, kenyamanan aplikasi dan kemampuan literasi digital guru. Kekurangan pembelajaran daring menggunakan whatsApp yaitu faktor teknis, faktor pedagogi, faktor teknologi dan faktor koneksi internet. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi kesulitan tersebut, yaitu menyediakan wifi, memberikan tugas tambahan, mengajak orang tua membantu anaknya selama belajar, meminta peserta didik dan orang tua untuk menghubungi jika ada materi atau tugas yang tidak dipahami, mengikutkan peserta didik bimbel dan membeli paket internet sebelum belajar. Penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi guru dalam mengajar, peserta didik hendaknya meningkatkan minat belajar, emosi orang tua dalam mendampingi anak belajar dan menjadi acuan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran daring, kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring serta bagaimana upaya kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik dalam menghadapi kekurangan pembelajaran daring menggunakan whatsApp.References
Anjani, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan. Jurnal Komunikatio, 4(1)
Belawati, Tian. 2019. Pembelajaran Online. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Bhagaskara, A. E., Afifah, E. N., & Putra, E. M. (2021). Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Berbasis WhatsApp di SD Yapita. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 13-23.
Chaeruman, U. A. (2017, September). Alur Belajar: Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Daring. In Seminar & Lokakarya Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi, Kemenristekdikti.
Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).
Giap, Yo Ceng, (Ed.). 2020. Pembelajaran E-learning di Masa Pandemi COVID 19. Yogyakarta: Penerbit Deepublish
Kurniati, A., Subekti, M. R., & Vera, M. O. (2021). Analisis Peranan Guru Kelas Dalam Mengelola Pembelajaran Melalui Kurikulum 2013 Siswa Kelas V SDN 17 Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 13-24.
Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.
Subekti, M. R. (2018). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pontianak. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Subekti, M. R. (2019). Hubungan Antara Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata-Tangan Dengan Kemampuan Shooting Bola Basket Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 73-86.
Subekti, M. R., Wibowo, D. C., & Triani, S. (2021). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi dan Subtema 1 Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 23 Menyumbung Sintang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 39-48. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/493
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta CV
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sukardi. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. PT Bumi Aksara: Jakarta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Untung, A., Wibowo, D. C., & Subekti, M. R. (2021). Analisis Hasil Belajar Pada Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 22 SP.5 Manis Raya Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 16-23. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/463.
Wedyawati, N., Setyawan, A. E, Dike, D., Lisa, Y., Wibowo, D. C. (2020). Design of Gamikar (Game Mitigasi Kebakaran) for High-Grade Elementary Student. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems.176-185.
Wibowo, D. C., Deta, Y., & Dores, O. J. (2020). Efektivitas Belajar Dari Rumah Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 228-241.
Wibowo, D. C. (2021). Analysis of the Factors Causing the Low Students’ Motivation in Class IV SD Negeri 03 Nyangkom Academic Year 2020/2021. Lakhomi Journal Scientific Journal of Culture, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.33258/lakhomi.v2i1.419