ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VA SD NEGERI 09 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Dwi Cahyadi STKIP Persada Khatulistiwa
  • Markorius Peri STKIP Persada Khatulistiwa
  • Imanuel Sairo Awang STKIP Persada Khatulistiwa
  • Kandida Maro Rayo STKIP Persada Khatulistiwa

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1651

Keywords:

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Cerita, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika di kelas VA SD Negeri 09 Sintang tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika di kelas VA SD Negeri 09 Sintang sebesar 49,73 % kategori rendah, indikator Interpretasi sebesar 27,80 %, indikator Analisis sebesar 57,32 %, indikator Evaluasi sebesar 60,34 %, dan indikator Inferensi sebesar 53,45 %. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu faktor psikologis belajar yang meliputi perkembangan intelektual, motivasi, dan kecemasan, faktor fisiologi yang meliputi kondisi fisik, faktor kemandirian belajar, dan faktor interaksi. 3) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu pengelolaan kelas, menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang bervariasi, menciptakan interaksi antara guru dan siswa, dan melakukan evaluasi pembelajaran yang dapat merangsang proses berpikir siswa yang kuat dan cepat.

References

Dahana, C, O. 2017. Profil Siswa Yang Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis Di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Egok, A, S. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. JURNAL PENDIDIKAN DASAR. Volume 7. Nomor 2 Hal 185-198.

Ermatiana. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Negeri 15 Kapuas Kiri Hulu Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa.

Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nuraida, D. 2019. Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan. Volume 4. Nomor 1 Hal 52-59.

Prameswari, S, W., Suharno., & Sarwanto. 2018. Inculcate Critical Thingking Skills In Primary Schools. 1st National Seminar on Elementary Education. Volume 1 Nomor 1. Hal 742-750.

Subekti, M. R., Wibowo, D. C., & Triani, S. (2021). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi dan Subtema 1 Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 23 Menyumbung Sintang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 39-48. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/493.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sutarji. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII MTs Al-Washliyah Kolam Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Skripsi.Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri.

Wedyawati, N., Setyawan, A. E, Dike, D., Lisa,Y., Wibowo, D. C. (2020). Design of Gamikar (Game Mitigasi Kebakaran) forHigh-Grade Elementary Student. Journal of Advanced Research in Dynamical andControl Systems.176-185.

Yunita, N, W., Hobri., Ervin O., Sunardi., & Erfan, Y. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study For Learning Community Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Kadikma. Volume 9. Nomor 3 Hal 1-10.

Downloads

Published

2022-02-05

How to Cite

Dwi Cahyadi, Peri, M. ., Awang, I. S. ., & Rayo, K. M. . (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VA SD NEGERI 09 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 152–161. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1651