UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS (POLA)
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i2.1718Keywords:
fine motor skills, pattern-based cutting activities, early childhoodAbstract
This study is a classroom action research aiming at developing fine motor skills of kindergarten students through paper-based paper cutting activities at TK Fajar Medan. The present study consisted of two cycles, in which each cycle included planning, acting, observing, and reflecting phases. This study was conducted collaboratively together with the homeroom teacher. A total of 8 students of Group A at TK Fajar Medan served as research subjects This research was conducted in October – Desembe 2021. Data collection instruments were observation, students’ performance, and documentation. The results showed that pattern- based cutting activities could develop Group A students’ fine motor skills at TK Fajar Medan in the academic year of 2020/2021. The data analysis results obtained the learning outcome percentage of students’ fine motor skills in pre-cycle was 24.75%, categorized as low. Then, in cycle I, the learning outcome percentage increased to 47.8%, and drastically increased in cycle II with a percentage of 81.37%. The study suggests that in order to develop fine motor skills, teachers can implement pattern-based cutting activities to students of Group A at TK Fajar Medan.References
Aisyah Siti, dkk. 2012. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta. Halaman 26.
Daeng Sari dan Dini P. 1996. Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta.
Fridani Lara, Wulan Sri, Pujiastuti Sri Indah. 2010. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka.
Gunarti Winda, Suryani Lilis, Muis Azizah. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka.
Hildayani Rini, dkk. 2014. Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.
Hermawan Sidik Eka, Setyaningrum Fitriani Wahyu. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Keterampilan Menggunting Anak Melalui Kegiatan Menggunting Pola Pada Peserta Didik Kelas School For Refugees Dompet Dhuafa. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 10(01), 9-15.
Hurlock Elisabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta. Erlangga. Halaman 147.
Indriyani Fitria. 2015. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Berbagai Media Pada Anak Usia Dini Kelompok A TK ABA Gendingan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusuma Wijaya, dan Dwitagama Dedi. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Indeks.
MS Sumantri. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta. Dinas Pendidikan.
Nia Nuraida. 2012. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Metode Demonstrasi di TK Islam Terpadu At-Tagawa. Diakses dari http://repository.upi.edu/operator/upload/s_pa ud_0902806_chapter2.pdf. Pada tanggal 12 Mei 2021, Pukul 11.01 Wib.
Rofiatun Siti. 2012. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting Kertas Berpola Pada Anak Kelompok B TK PERTIWI 1 BANYUSRI TAHUN AJARAN 2012/2013.
Skripsi. Surakarta. Universitas Muhammadyah Surakarta.
Safitri Laily. 2018. Implementasi Kegiatan Menggunting Pola Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Di TK APIK Darusalam Langka Bandar Lampung. Skripsi. Bandar
Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif.
Yogyakarta. Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta, CV. Halaman 12
Sumantri, M, Syarif, dkk. 2020. Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.
Sukardiyono Totok. 2015. “ Pengabdian Makalah ppm ptk”,
http://staffnew.uny.ac.id/upload/132048521/p engabdian/makalah-ppm-ptk-.pdf, diakses pada 11 Mei 2021 pukul 13:43 wib.
Supriyati. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung.
Labkat press. Halaman 44
Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta. Depdiknas
Sri Aw. 2018. “ Kajian Pustaka”, http://eprints.umpo.ac.id/4531/2/BAB%20II. pdf, diakses pada 11 Mei 2021 pukul 14:48
wib. Halaman 7
Tampubolon Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas, Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta. Erlangga.
Toho dan Gusril. 2004. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Jakarta. Depdiknas. Halaman 51
Tuntari Whinda. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Gerak Mata dan Tangan Melalui Kegiatan Menggunting dengan Berbagai Media Pada Anak Kelompok A1 di TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Tyastuti Wahyuni Resti. 2020. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting Pola di Taman Kanak-kanak B Rinzani Putra Muaro Jambi. Skripsi. Jambi. Universitas Islam Negeri. Halaman 16.
Wardhani Igak, dan Wihardit Kuswaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.
Wahyuni Yuyun. 2020. Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Keterampilan Melipat Kertas Origami di RA Diponegoro
Kedungbanteng. Skripsi. Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Halaman 18.
Yudanto. 2006. Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol. 3, No. 3. diakses pada 19 Mei 2021 pukul 13:28 wib.