PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUB TEMA 1 RUKUN DALAM PERBEDAAN

Authors

  • Yulia Febliana Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Osco Parmonangan Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Desi Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i1.2181

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Mastery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran mastery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sub tema 1 rukun dalam perbedaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen bentuk Pre-exsperimental Design jenis One Group Pretest-Posttest Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas ini sampel dalam penelitian ini 26 siswa SD Negeri 122371 Pematang siantar. Dengan tehnik Pengambilan sampel menggunakan tehnik Purposive sampling. Berdasarkan analisis data dalam uji Normalitas kolmogrov smirnov, Homogenitas One Way Anova, Hipotesis simple paired test dan N-Gain. Hasil dalam penelitian ini terdapat pengaruh terhadap hasil belajar sebelum perlakuan dan sesudah menggunakan perlakuan model mastery learning. Maka diperoleh dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada nilai data pretest sebesar 52.00 pada nilai pada nilai data posttest sebesar 79,69 dan pada nilai N-gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Dengan analisis uji hipotesis thitung lebih besar dari ttabel 10,403 > 2,604 artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan pada model pembelajaran mastery learning.

References

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Dimiyati & Mudjiono, (2013). Belajar & Perkembangan, Ed.5. Jakarta: PT. Rineka

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2018). Eds Revisi: Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.

Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Komariah, E. “Meningkatkan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) Di Kelas Vii Mts Al-Hajar.” JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG 1.02 (2018): 280-295.

Laksana, A. P., & Hadijah. H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 1-7.

Larasati, Z., Hartatik, S., & Rahayu, D. W. (2020). Pendekatan Mastery Learning Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 136-144.

Maâ, S. (2018). Telaah Teoritis : Apa Itu Belajar.?Helper : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 31-46.

Marlina, Yetni. “Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Guided Discovery dalam Materi Kerja sama pada Siswa Kelas V SD Negeri 133 Halmahera Selatan.” JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar) 3.1 (2021): 53-60

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Perthami, N. W. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning dengan Strategi Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 10(2), 98-108.

Rahmayani, Aprilia, Joko Siswanto, and Muhammad Arief Budiman. “Pengaruh Model Pemnbelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3.2 (2019): 246-253.

Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 46-57.

Setiawan, E. (2018). Pembelajaran Tematik Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Erlangga.

Siregar, Nurliani. (2019). Belajar dan Pembelajaran. ed.2. P.Siantar: Universitas HKBP Nommensen.

Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. ed.25. Bandung: ALFABETA, cv.

Sulfemi, Wahyu Bagja. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Kabupaten Bogor.” (2019).

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58-64.

Tambunan, Janwar. (2019). Perkembangan Peserta Didik. ed.10. Medan: Universitas HKBP Nommensen.

Uswah, Alia. Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2022, 3.1: 19-30

Sri, Endang, W. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Manurung, Y. F. ., Sijabat, O. P. ., & Sijabat, D. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUB TEMA 1 RUKUN DALAM PERBEDAAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i1.2181