PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i1.2261Keywords:
Ekonomi mikro, media komik digital, bahan ajarAbstract
Salah satu terobosan untuk memudahkan pembelajaran adalah mengubah konsep daring menggunakan media yang lebih praktis dan lebih mudah diakses mahasiswa, yakni media pembelajaran berbasis komik digital. Bahan ajar akan diubah kedalam bentuk visual animasi komik dan berbasis komik digital yang bisa diakses di webtoon dan website menggunakan smartphone. Secara umum penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kelayakan dan efektifitas media pembelajaran berbasis komik digital dengan materi pada mata kuliah teori ekonomi mikro dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa mahasiswa semester IV yang mengambil mata kuliah teori ekomi mikro di prodi pendidikan ekonomi pada tahun ajaran 2021/2022. Untuk sampel uji coba kecil diambil 10 orang mahasiswa secara random sampling. Untuk menentukan kelayakan, media pembelajaran berbasis komik digital akan diuji kelayakannya oleh validator pakar (ahli materi dan ahli media), serta untuk menguji kepraktisan dan keefektifan bahan ajar berbasis media komik digital yang dihasilkan akan diuji pada mahasiswa. Media yang dikembangkan mendapatkan penilaian baik dari para ahli dengan rerata skor kelayakan sebesar 3,9 masuk pada kategori sangat layak. Dalam uji praktis, mahasiswa turut memberikan respon positif dengan rerata skor keseluruhan sebesar 3,3 dalam masuk pada kategori sangat praktis. . Dalam uji efektivitas, mahasiswa turut memberikan respon positif dengan rerata skor keseluruhan sebesar 3,3 dalam masuk pada kategori sangat efektif.References
Arikunto ,Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajran.Jakarta: Referensi Jakarta
Azizul, Azizul, et al. "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL PADA
MATERI GERAK." VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 11.2 (2020): 97-104.
Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di era revolusi industri. 4.0. 1–6
Deni Darmawan. 2014. Inovasi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Dimyati dan Mudjiono (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Flew, T. 2008. New Media : an introduction. New York: Oxford University Pers.
Istiyanto, Jazi Eko. 2013. Pemrograman Smart Phone menggunakan SDK Android dan Hacking Android. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kadir. 2015. Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisa Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Peneltian. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Kusumadewi, Rida Fironika, AMOS NEOLAKA, and Mahmuddin Yasin. "BAHAN AJAR KOMIK MATEMATIKA BERBASIS DIGITAL BAGI SISWA SEKOLAH
DASAR." Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA 10.1 (2020): 85-101.
Lubis, Maulana Arafat.2018 .Pengembangan bahan ajar komik untuk meningkatkan minat baca PPKn Siswa Min Ramba Padang Tapanuli Selatan. Jurnal Tarbiyah. Vol.25 No.2
Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Pannen, Paulina.1995. Pembaharuan Pembelajaran. Universitas Terbuka
Ruhimat, Toto, dkk. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Press
Susilana, R. & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.
Surjono, H. D. (2013). Membangun Course elearning Berbasis Moodle (2rd ed). Yogyakarta: UNY Press
Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogjakarta: Arr-Ruzz Media.
Wagiran. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran dan. Penilaian.
Semarang: CV Bahtera Wijaya Perkasa.
Widodo dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.