MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MEWARNAI
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i1.2294Keywords:
meningkatkan kreativitas , anak usia dini, kegiatan mewarnaiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Markus Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B-Plus usia 5-6 Tahun yang berjumlah 13 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif .Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada prasiklus sebesar 36.06%, kemudian pada Siklus I sebesar 63.94% dan meningkat menjadi 84.62% pada Siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan mewarnai dapat mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Markus Medan.References
A. Aziz, d. (2020). Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia Dini Melalui Menggambar Dengan Teknik Inkblot. Journal Of Psychology an Child Development, 25.
Aisyah. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini.
Jurnal Obsesi 1, 14.
Anas. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Arikunto Suharsimi, d. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Badriah Rahmawati, E. M. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai.Journal of Islamic Golden Age Education, 74.
Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak
FITRIYANI, J. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Menggambar Di TK Perwari Singkep. 1.
Heni Heryani, A. S. (2021). Pembelajaran Seni Rupa Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai. Jurnal Ceria, 253.
Larasati, L. D. (2016). Peningkatan Kreativitas Dalam Kegiatan Mewarnai Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi.Jurnal Ilmiah Potensia, 64.
Listya, N. (2010). Panduan Praktis Menggambar dan Mewarnai Untuk Anak. Jogjakarta: Power Books.
Marsih, L. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai. Abdikarya,
Neneng Syifa'urrahmah, D. S. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menggambar Bebas. Jurnal Pendidikan, 107.
Novi Mulyani, M. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang-Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islami. Islamic Studies, 64.
Nurmi, S. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Didik Melalui Permainan Konstruktif Balok Kelompok B Di PAUD Pelangi.Artikel Jurnal Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar, 14.
Olvista. (2011). Manfaat Mewarnai Bagi Si Kecil (online). Artikel Jurnal Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo, 28.
Pamadhi, H. (2010). Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka. Rachmawati. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana.
Rahmi Fadhila Tunniswah, N. M. (2021). Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Menggambar Bebas DI TK AL-AQSHA Kota Jambi.Jurnal PAUD Emas, 32.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sri, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna DI TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, 16.
Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Alfabeta.
Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Tengah: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Sunarto. (2018). Pengembangan Kreatifitas-Inovatif Dalam Pendidikan Seni melalui Pembelajaran Mukidi. Journal Of Psychology and Child Development, 20.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara. Utama, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Melalui Kegiatan Mewarnai.
Semarang: Sang Surya Media.
Yuliani, N. S. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Yuntina, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Di RA AI Muta A'Iimin Jati Rahayu. Jurnal Care, 24.