PENGARUH PENGAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAGI PEMELAJAR BIPA TINGKAT PEMULA

Authors

  • Servina Halawa Universitas Prima Indonesia
  • Bethesda Bukit Universitas Prima Indonesia
  • Lumongga Devitasari Panjaitan Universitas Prima Indonesia
  • Jamaluddin Nasution Universitas Prima Indonesia

Keywords:

Pengajaran, Keterampilan Menulis, BIPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengajaran keterampilan menulis BIPA bagi tingkat pemula. Jenis penelitian ini adalah deskripsi dengan menggunakan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan obsevasi serta study literatur (Metode Studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh data bahwa pengaruh dalam pengajaran Menulis bagi Penutur BIPA sangat berdampak dengan keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh pengajaran menulis bagi BIPA tingkat Pemula adalah Menggunakan media digitalisasi pembelajaran melalui metode langsung (luring) dan google classroom Penutur asing dapat menciptakan suatu tulisan dengan media pulpen dan kertas yang berisi tentang pengalaman secarap pribadi. Ada empat ketrampilan berbahasaMembaca, Menulis, Menyimak dan Berbicara. Seorang pemelajar BIPA harus mampu menguasai 4 Keterampilan dalam berbahasa, dengan tujuan agar memudahkan kemahiran dan pemahaman terhadap bahasa itu sendiri, misalnya bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang menarik, bahasa yang mudah diucapkan dan bahasa yang mudah dipahami. Melalui keterampilan menulis penutur BIPA akan memudahkan dalam kemahiran dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia.

References

Nasution, J. (2020). The Improvement of Students’ Vocabulary of Indonesian Language for Foreign Speakers (ILFS) at Samarkand State Institute of Foreign Languages in Uzbekistan by Applying Mind Mapping Strategy. Episteme, 5(1).

Nasution, J. 2019. “Analisis Kesulitan Bahasa Indonesia Bagi Pemelajar di SamSifl Uzbekistan Pada Empat Keterampilan Berbahasa”. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Sesastraan, 17 (2) 111-120.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.

Pranoto. (2004). Creative Writing: 72 jurus seni mengarang. PT Primamedia Pustaka.

Zein, I. A., & Dkk. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula. Universitas Negeri Malang: Pendidikan Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Halawa, S., Bukit, B., Panjaitan, L. D., & Nasution, J. (2023). PENGARUH PENGAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAGI PEMELAJAR BIPA TINGKAT PEMULA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(1), 48–53. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/2300