PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) BERBASIS DIGITAL SECARA DARING MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG

Authors

  • Pesta Junita Simamora Universitas Prima Indonesia
  • Samsul Mustika Universitas Prima Indonesia
  • Samuel Sinulingga Universitas Prima Indonesia
  • Jamaluddin Nasution

Keywords:

keterampilan berbicara, wayang, media digital, eterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media digital dalam pembelajaran keterampilan berbicara bagi pembelajar BIPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah informan, dokumen, dan catatan hasil observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data dalam penelitian ini diuji dengan triangulasi metode, triangulasi sumber data, dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah media digital dapat digunakan secara efektif untuk memacu pemelajar BIPA melatih keterampilan berdialog maupun bermonolog dengan cara menceritakan kembali pelajaran yang telah mereka simak secara daring untuk menambah pemahaman.

References

Alalou, A. 2001. “Revaluating Curricular Objectives using Students Perceived Needs: The Case of Three Language Programmes”. Foreign Language Annals, Vol 34 (5), 453-469.

Alves, S.M.L. dan Oliveira, F.M.D. 2014. “Vocabulary Acquistion in Second Language”. International Journal of Humanities and Social Science, Vol 4 (13), 51-56.

Andayani, G. L. 2016. “Improving the Language Skills and Local Cultural Understanding with Integrative Learning in Teaching Indonesian to Speakers of Other Language. International”. Journal of Language and Linguistics, Vol 3 (2), 45-52.

Andayani. 2015. Integrasi Model Pemahaman Budaya Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dengan Pendekatan Integratif. Makalah disajikan pada Seminar Nasional dan Launching Adobsi di Universitas Sebelas Maret. Surakarta: ADOBSI.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: ConferenceSeries, 1321(2), 171–187.

Kusmiatun, A. 2015. Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K Media.

Murtianis, Andayani, dan Rohmadi. 2019. “Kendala Transfer Budaya dalam Pembelajaran BIPA di Universitas Sebelas Maret”. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, Vol 3 (1), 36-45.

Miles, M. B. H. A. M. dan S. J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Nasir, M. 1999. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia.

Nasution, J. 2019. “Analisis Kesulitan Bahasa Indonesia Bagi Pemelajar Di SamSifl Uzbekistan Pada Empat Keterampilan Berbahasa”. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Sesastraan, 17 (2) 111-120.

Ningrum, Rifqia Kartika, Waluyo, Herman J, dan Winarni, Retno. 2017. “BIPA sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia”. Educational and Language International Conference, 726-732.

Ramliyana, R. 2016. “Penerapan Media Komik pada Pembelajaran BIPA (Studi Kasus pada Peserta Korea Tingkat Pemula di Universitas Trisakti Jakarta”. Jurnal SAP, Vol 1 (1), 8-17.

Reffiane, F., & Mazidati, I. (2016). Implementasi Pengembangan Media Wayang Kerton Pada Tema Kegiatan Sehari-Hari. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 163–170.

Rohimah, D. F. 2018. “Internasionalisasi Bahasa Indonesia dan Internalisasi Budaya Indonesia melalui Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)”. Humaniora, Vol 2 (2), 199-211.

Stringer, D.M. dan Patricia A Cassiday. 2009. Activies for Improving Cross-Cultural Communication. USA: Intercultural Press.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Simamora, P. J., Mustika, S., Sinulingga, S. ., & Nasution, J. (2023). PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) BERBASIS DIGITAL SECARA DARING MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG. Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(1), 54–59. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/2301