PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAKEM BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIKS UBTEMA PEKERJAAN DI SEKITARKU

Authors

  • Rut Inriani Ruspita Lubis Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Junifer Siregar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Keywords:

Model PAKEM, Hasil Belajar, Siswa

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran pakem berbasis multimedia terhadap hasil belajar tematik pada subtema pekerjaan di sekitarku.Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Penelitian eksperimen adalah dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali yang dilaksanakan di UPDT SD Negeri 122371 Pematang Siantar dengan sampel jenuh sebanyak 30 orang siswa. Prosedur langkah-langkah dalam penelitian dilakukan dengan memberikan tes kemampuan awal (pretest) dan memberikan perlakuan kepada kelas yang dijadikan subjek penelitian dengan menggunakan model pembelajaran pakem berbasis multimedia. Hasil yang diperoleh bahwa penggunaan model pakem berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS, IPA dan Bahasa Indonesia dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh thitung  yaitu 13,62 dan ttabel  yaitu 2,048, thitung>ttabel  = 13,62 >2,040, perbedaan anatara hasil pretest dan posttest signifikan dan dapat disimpulkan bahwa H0di tolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Siswa  menjadi lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang tanpa menggunakan media pembelajaran.

Author Biography

Rut Inriani Ruspita Lubis, Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Dosen

References

Akbar, Indah Nur. 2014. Penerapan Model PAIKEM untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD N 07 Metro Timur. Skripsi. Universitas Lampung.

Apriani, Dewi dkk.2016. Sistem Pembelajaran di Sekolah Dasar Kelas Rendah Berbasis PAIKEM GEMBROT Guru SD di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.Jurnal Penelitian dan Wacana Pendidikan, 10 (1).16-29.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), Jogjakarta: DIVA Press.

Habibah, Umi. 2012. Penerapan Model PAIKEM untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Datar pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Krandon kota Tegal. Skripsi.Universitas Negeri Semarang.

Indrawati, Setiawan, Wawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta:Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk Program PERMUTU.

Janattaka, Nugranda. 2015. Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kauman 01 Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 1 (1).27-36.

Munir, Fathul. 2011. Guru Agama Islam Dalam Perspektif PAIKEM.Skripsi.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muslimah. 2016. Problematika Guru Sertifikasi Dalam Menerapkan Strategi Berbasis PAIKEM Pada Mata Pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan Banjarmasin. Skripsi.Universitas Islam Negeri Banjarmasin.

Rahmawati,dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Paikem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Belajar IPA Di Kelas V SDN 3 Tompoh.Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5 (10) ISSN 2354-614X.234-249.

Samriah. 2014. Penerapan Pendekatan PAIKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Energi dan Kegunaannya di Kelas IV SDN Kamalu Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4 (11).97-108.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan, Dasim Budimansyah, Danny Meirawan.2009. PAKEM: Pembelajaran Aktif,Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo.

Purba, Nancy Angelia. 2016. Penerapan Teknik Rekayasa Teks dengan Media Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Tematik Vol. 6 No. 3 Desember 2016

Purba, Nancy Angelia. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3D) Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Aquinas. Vol. 4 No. 2 Juli 2021

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Lubis, R. I. R. ., Purba, N. A. ., & Siregar, J. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAKEM BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIKS UBTEMA PEKERJAAN DI SEKITARKU . Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(1), 33–40. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/2424