PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN MEDIA DIGITAL BAGI PEMELAJAR BIPA
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2437Keywords:
Kemampuan Menyimak, Media Digital, dan BIPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak dengan media digital bagi pemelajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan media digital dalam peningkatan kemampuan menyimak bagi pemelajar BIPA dan mendeskripsikan bentuk peningkatan kemampuan menyimak melalui media digital bagi pemelajar BIPA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa menyimak, menulis, dan pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa eksplorasi. Hasil penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menyimak efisien bagi pemelajar BIPA, peningkatan dapat diperoleh melalu media digital seperti media audio, visual, audiovisual dan lirik-lirik lagu. Media tersebut dapat digunakan untuk belajar tata bahasa, pembelajaran kosakata, mengajarkan keterampilan berbahasa, memberi contoh model pada materi pembelajaran, dan memberikan pengalaman belajar yang nyata.References
Andayani. (2014). Pembelajaran Terpadu di SD. Universitas Terbuka.
Daryanto, Drs. (2013). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.
Nasution, J. (2020). The Improvement of Students’ Vocabulary of Indonesian Language for Foreign Speakers (ILFS) at Samarkand State Institute of Foreign Languages in Uzbekistan by Applying Mind Mapping Strategy. Episteme, 5(1).
Sudana, P. A. P., Utama, I. D. G. B., & Paramarta, I. M. S. (2017). Pengembangan Media Audio Visual untuk Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) Tingkat Dasar. Seminar Nasional Riset Inovatif.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.
Huda, Fakhtan, A. (2017). Pengertian Media Pembelajaran Audio Visual. https://Fatkhan.Web.Id/.