MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN KEGIATAN MENULIS PADA USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Ruth Donda Eleonora Panggabean Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Panniance Lumbantobing Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Winny Sunfriska Br Limbong Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2449

Keywords:

The Improvement of Fine Motor Development, Writing Activities, Classroom Action Research

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5 - 6 Tahun Melalui Kegiatan Menulis di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II Siklus yang dimulai dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Dokumentasi dan Lembar instrumen penilaian. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang anak usia 5 - 6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul athfal 03 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menulis di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Medan dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Pada siklus I ditemukan bahwa 1 anak (10%) dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB),  5 anak (50%) dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 3 anak (30%) dengan kriteria Mulai Berkembang (MB) dan 1 anak (10%) dengan kriteria Belum Berkembang (BB). Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 8 anak (80%) dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 2 anak (20%) Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II ditemukan bahwa hasil penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80% dengan kategori penilaian sebanyak 76% dari jumlah anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan menulis di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Medan dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 5 - 6 Tahun

References

https://www.websitependidikan.com/2020/10/6-aspek-perkembangan-anak-usia-dini-kurikulum-2013-dan-cakupannya.html?m=1

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25-34.

Pratiwi, W. A. (2017). Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Halus pada Anak Kelompok B di TK Gugus Dahlia Kecamatan Weru Sukoharjo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 6(5), 530-537.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25-34.

Nermala, D. A. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Melalui Media Pasir Pada Peserta Didik Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Kinasih, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A2 Melalui Kegiatan Menulis Di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Chairunnisa, C., & Masyhuri, A. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Meniru Tulisan. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 72-82.

Miranda, D. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Aneka Media Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(10).

Ghony, M. D. (2008). Penelitian Tindakan Kelas.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Panggabean, R. D. E. ., Lumbantobing, P. ., & Limbong, W. S. B. . (2023). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN KEGIATAN MENULIS PADA USIA 5-6 TAHUN . Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(2), 103–110. https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2449

Issue

Section

Artikel