PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 PURWAWINANGUN

Authors

  • Tiara Indah Universitas Kuningan
  • Marlina Eliyanti Simbolon Universitas Kuningan
  • Gilang Kripsiyadi Praramdana Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2675

Keywords:

Model Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Purwawinangun Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning dan variabel terikatnya adalah siswa kelas V SDN 2 Purwawinangun tahun ajaran 2022/2023. Dengan jumlah keseluruhan 50 siswa, yang terdiri dari 26 siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan 24 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran project based learning dan tidak menggunakan model pembelajaran project based learing. Hal tersebut ditandai dengan hasil uji t yang menunjukan  diterima karena  > . Sedangkan hasil uji n-gain menunjukan bahwa kelas eksperimen memiliki kategori sedang dan kelas kontrol memiliki kategori rendah.

References

Agung Sapto Nugroho, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggungjawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 5 No. 2.

Alghaniy Nurhadiyati, R. Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasaer. Jurnal Basicedu, Vol.5 No.1.

Anggraini, P. D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajraran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol.9 No. 2.

Arikunto, S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara.

Desy Triana Dewi Farizah, S. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas danHasil BelajarcGeografi Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Peneliti dan Pengembangan, Vol.6 No.5.

Dewi Insyasiska, S. Z. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belaja, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi , Vol.7 No.1.

Hidayana, A. F. (2021). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Beajar Matematika Siswa Kelas V MI Nurul Ulum Madium. Jurnal Paradigma, Vol.11 No. 1.

Hidayana, F. A. (2021). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Nurul Ulum Madiun. Jurnal Paradigma, vol. 11 No. 1.

Hikmatul, F. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual, Vol.3 No.2.

Kusumawati, H. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Marlina Eliyanti, I. W. (2020). Pengaruh Penyajian Materi dalam Bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.7 No.1.

Maskiah, M. Q. (2016). Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Diskursus Islam, Vol.4 No.3.

Mutakinati, L. (2018). Analisys Of Students' Cricital Thinking Skill Of Middle School Through STEAM Education Project Based Learning . Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol.7 No. 1.

Putra, P. (2017). Penerapan Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter Siswa di SDN 01 Kota Bangun. Jurnal Madrasah Ibtidiyah , vol.3 No.1.

Ridha Unnafi Walfajri, N. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Melalui Model Problem Based Learning Kelas V SD. Jurnal Basicedu, Vol. 3 No. 1.

Rohimah, S. M. (2022). Hypothetical Learning Trajectory In STEM Approach With Project Based Learning Model To Improve students' Mathematical Proficiency. Jurnal Italienisch, vol.12 No.1.

Roslina, A. S. (2022). Effectiveness Of Project Based Learning STEM In Physics Education (STEM-PJBL). Jurnal Phenomenon, vol.12 No.1.

Rozal, E. (2021). The Effect Of Project Based Learning Through YouTube Presentations On English Learning Outcomes In Physics. Jurnal Pendidikan, vol.13 No.3.

Sari, E. M. (2015). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V. Jurnal Penelitian.

Sariani, N. (2021). Belajar Dan Pembelajaran. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER.

Sarmanu. (2017). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Statiska. Surabaya: Airlangga University Press.

Siti Sri wulandari, P. D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, vol.9 No. 2.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan r&d. Bandung : Alfabeta.

Suharwati S I, S. d. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, Vol.1 No.2.

Sulih Ristiyani Ayu Saputri, A. S. (2017). Perkembangan Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Islam Terpadu . Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, Vol.7 No. 2.

Sumarni, W. (2020). Ethno-STEM Project Based Learning: Its Impact To Critical And Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol.9 No.1.

sunita, N. w. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Widyadari, vol. 20 No.1.

Surya, A. P. (2018). Penerepan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, Vol.6 No.1.

Suwisnawati Gowasa, F. H. (Tahun 2019). Perbedaan Penggunaan Media PowerPoint Dan Video Pembelajaran Terhadap Kemapuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Retensi Memori Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD. Jurnal Tematik, Vol.9 No.1.

Wilma Muzria, T. I. (2020). Pengaruh Model Project Based Learing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.4 No. 3.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Indah, T., Simbolon, M. E. ., & Praramdana, G. K. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 PURWAWINANGUN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(2), 111–117. https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2675

Issue

Section

Artikel