ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA EKSTRAKURIKULER SENI TARI TRADISIONAL SISWA SD NEGERI UNGGULAN KUNINGAN

Authors

  • Yosa Agista Bahiz Bahiz Universitas Kuningan
  • Marlina Eliyanti Simbolon Universitas Kuningan
  • Ndaru Mukti Oktaviani Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2676

Keywords:

Character Education, Traditional Dance , Extracurricular Activities

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dampak dari era globalisasi mempengaruhi karakter siswa yang mengikis budaya lokal dan karakter bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada ekstrakurikuler seni tari tradisional di SD Negeri Unggulan Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, adapun untuk pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan expert judgement, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang muncul dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari tradisional yaitu nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, nilai berkebinekaan global, nilai gotong royong, nilai mandiri, dan nilai bernalar kritis. Sedangkan nilai kreatif dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari tidak muncul dalam karakter siswa.

References

Abu Rizal bakri, S. Q. (2021). Nilai Karakter Siswapada Kegiatan Ekstrakurikuler. IVCEJ (Indonesian Values and Character Education Journal), Vol. 4 No. 1.

Adib, H. S. (2017). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Jurnal Unimus.

Afif Syaiful Mahmudin, A. S. (2022). Internalization of The Values of Religious Moderation in jathil Dance Culture in SDN 02 Tempuran Ponorogo. The 4th International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE).

Ahmad Fauzan Yusman, N. G. (2021). Perbandingan Pelaksanaan Pendidikan Seni di Dalam dan Luar Negeri. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 7, No.2.

Amelinda Suryanda Pratiwi, R. R. (2020). Tari Egrang Batok di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 7, No. 3.

Ani Vandayanti, R. M. (2019). Implementasi Ekstrakurikuler Seni Tari ditinjau dari Peserta Didik dan Orang Tua. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 2.

Aningsih, M. Z. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, Vol. 12, No.1.

Anjar Srirahmawati, A. A. (2022). Realizing Pancasila Student Profiles in the Elementary School with Learning Media Based on Local Wisdom 'Barongan Masks'. Jurnal Kependidikan, Vo. 8, No. 2.

Anjar Sulistiawati, A. K. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar, Vol. 5, No. 3.

Bonifatius Sigit Yuniharto, A. L. (2022). The Implementation of Pancasila Student Profile-Based Teaching and Tri-N Through Project-Based Leaning (PjBL) in SBdP (Cultural Arts and Crafts) Subject. International Conference on Education, Vol. 3, No. 1.

Cipta, E. G. (2019). Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari Tradisional di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 127-137 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Desti Mulyani, S. G. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura : Jurnal Pendidikan, Vol. 11, No. 2.

Diyah Ayu Retnoningsih, M. (2017). Eksistensi Konsep Seni Tari Tradisional Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika , Vol. 7, No. 1.

Fatmah Hafsari Fatimah, J. C. (2017). Prestasi Seni Tari SDN Tanjungsari 1 Kecamatan Tanjungsari (Penelitian Studi Kasus di SDN Tanjungsari 1 Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang). Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 2, No.1.

Hartono. (2017). Apresiasi Seni Tari. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Huberman, M. a. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

kaharuddin. (2021). Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, Vol. IX. Issu 1.

Kahfi, A. (2022). Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar. Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah , Vol. 5 No. 2.

Komala Dewi, L. Z. (2021). Peran Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SDN 3 Klagenan. Prosiding dan Web Seminar "Standarisasi Pendidikan Sekolah dasar Menuju Era Human Society 5.0".

Mahyudin Ritonga, A. L. (2021). Religious Extracurricular as a Capital for Character Development of Students in Junior High School. Psychology and Education, 281-288.

Marcella Nurul Annisa, D. A. (2021). Peran Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5, No. 3.

Marlina Eliyanti Simbolon, Y. K. (2023). Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 6 No. 1 357-372.

Meli, R. U. (2021). Penanaman Karakter Cinta Tanah Air bagi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 1, No. 1.

Meria, A. (2018). Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Diri Peserta Didik di Lembaga Pendidikan. Jurnal Penelitian & Pengabdian, Vol. 6, No. 2.

Miles, H. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mubin, M. S. (2020). Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 9, No. 2.

Nawang Wulan, H. W. (2019). Ekstrakurikuler Seni Tari dalam Membentuk Nilai Karakter Bersahabat. IVCEJ (Indonesian Values and Character Education Journal), Vol. 2, No. 1.

Ndaru Mukti Oktaviani, Y. K. (2019). Miskonsepsi Siswa SD Pada Materi Physical Processes: Sebuah Studi Kasus. Jurnal Tunjuk Ajar, Vol. 2, No.1.

Nenden Nadya Rizky Mashrul, H. P. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Lingkungan Keluarga di Rumah. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol 9 No 2 .

Nofianti, A. (2018). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Vol. 2, No.2.

Nureza fahira, Z. H. (2021). Analisis Penerapan 5 Nilai karakter Dalam pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Vol. 13, No. 2.

Pradipra, H. (2023). Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Handycraft pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Kebumen. Dewantara Seminar Nasional Pendidikan, Vol. 2, No. 1.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 1.

Putry, R. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, Vol. 4, No. 1.

Rachmadyanti, P. (2022). East Java Local Wisdom Preservation Efforts through Extracurricular Activities in Elementary School. Proceeding The 4th International Conferenceon Elementary Education , 4 (1), 553-564.

Reviandari Widyatiningtyas, E. R. (2023). Realizing Pancasila Student Profiles in the School Environment through the Internalization of Character Education. Jurnal Kajian Pendidikan , Vol. 14, No. 1.

Romadhon, E. K. (2022). Implementasi Penguatan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pramuka. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, Vol. 6, No. 2.

Rusnaini, R. A. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, Vol. 27, No. 2.

Sabri Gusmail, P. D. (2019). Peningkatan Kreativitas Pengelolaan Unsur-Unsur Gerak Tari di Aceh Besar. DESKOVI : Art and Design Journal, Vol. 2, No. 1.

Sandi, N. V. (2018). Pembelajaran Seni Tari Tradisional di Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, Vol. 8 No. 2.

Septian Dwi Cahyo, H. W. (2022). Analisis Fungsi Ekstrakulikuler Seni Tari Di Sekolah Dasar Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Wawasan Pendidikan, Vol. 2 No.2.

Sufyarma, N. B. (2018). The Management of Students Character Building in Senior High School. Padang International Conference on Educational Management and Administration (PICEMA), Volume 337.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (MIxed Metodhes). Bandung: Alfabeta.

Sunarti, S. S. (2020). Pengimplementasian Pendidikan Karakter Pada Ekstrakurikuler Seni Tari Nawung Sekar. Jurnal Kependidikan, Vol. 4, No. 1.

Tatang Taryana, D. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Melalui Pemahaman Dasar Musikalitas Dalam Penciptaan Gerak Tari. Jurnal Seni dan Desain Serta Pembelajarannya, Volume 2. Edisi 1.

Wulandari Dewi, H. (2018). Respon Estetis Anak Terhadap Kesenian Barongan Sindhung Riwut di Kabupaten Blora. Jurnal Seni Tari, Vol 7. No. 2.

Wuli Oktiningrum, L. Z. (2023). Upaya Mengembangkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Permainan Tradisional Bagi Siswa SD Negeri 1 Dilem Kepanjen. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, Vo. 2, No. 1.

Zahna Karisma Daningtyas, R. T. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional di SDN Sawojajar 3 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 43-53.

Zainul Mustofa, R. S. (2021). Pembentukan Karakter Pada Siswa di Sekolah Berasrama Dalam Menghadapi Masalah Sosial. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Vol. 08, No. 01.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Bahiz, Y. A. B., Simbolon, M. E. ., & Oktaviani, N. M. . (2023). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA EKSTRAKURIKULER SENI TARI TRADISIONAL SISWA SD NEGERI UNGGULAN KUNINGAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(2), 118–123. https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2676

Issue

Section

Artikel