EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Novita Wijayanti Universitas Kuningan
  • Aan Nurhasanah Universitas Kuningan
  • Febby Fajar Nugraha Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2677

Keywords:

Pembelajaran IPS, Media Pembelajaran Kartu Kuartet, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS karena banyaknya materi pelajaran yang penuh dengan hafalan mengakibatkan pembelajaran monoton dan kurangnya penggunaan media pembelajaran membuat siswa bosan dan malas dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar (posttest) pada siswa yang menggunakan media pembelajaran Kartu Kuartet dengan siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 1 Awirarangan. Metode penelitian ini menggunakan quasi eskperimental dengan desain penelitian nonequivalet Control Grup postest – pretest deign, dengan subjek penelitian yang terdiri dari kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 siswa sedangkan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis bentuk essay. Analisis data yang digunakan dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara manual menggunakan rumus uji t dan rumus uji n-gain. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa hasil belajar siswa (posttest) yang menggunakan media pembelajaran Kartu Kuartet di peroleh uji t dengan nilai nilai thitung = 24,02  dengan mengambil taraf signifikansi 0,05 atau 5% dengan db 47 diperoleh ttabel = 1,67. Dengan demikian diperoleh thitung (24,02) > ttabel (1,67). Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa hipotesis pertama yang diajukan adalah H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Kartu Kuartet. Nilai rata-rata gain siswa kelas eksperimen sebesar 0,57 dan kelas kontrol sebesar 0,17 dengan kriteria sedang, hal ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran Kartu Kuartet dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 1 Awirarangan.

References

Ayriza, Yulia et al. 2021. “The Effectiveness of Quartet Card Game in Increasing Career Knowledge in Lower Grade Elementary School Students.” Current Psychology (2017).

Azizah, Amirah Al May. 2021. “Analisis Pembelajaran Ips Di Sd/Mi Dalam Kurikulum 201.” JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) 5(1): 1.

Efendi, Syafrizal. 2021. “Penggunaan Media Grafis Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 24 Koto Malintang.” Jurnal Sosial Sains 1(7): 688–97.

Guanabara, Editora, Koogan Ltda, Editora Guanabara, and Koogan Ltda.

Hasnianti, Hasnianti. 2019. “Efektivitas Permainan Kartu Kuartet Dan Metode Menghafal.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab 21(02): 227.

Indah, Setiyorini, and Abdullah M Husni. 2013. “Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2): 3.

Itabillyna, Diokta Verra. 2015. “Meningkatkan Daya Ingat Budaya Indonesia Dengan Menggunakan Media Kartu Kuartet Pada Pelajaran IPS.” 1(1): 1-7.

Kurnia, Dadang. 2016. “Penggunaan Media Kartu Kwartet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha Di Indonesia Dalam Mata Pelajaran Ips.” Jurnal Pena Ilmiah 1(1): 481-90.

Lestari, O., G. Priscylio, J. Copriady, and B. Holiwarni. 2020. “The Use of Quartet Card Game on Hydrocarbon to Improve Learning Outcomes Ten-Grade Students.” Journal of Physics: Conference Series 1567(3).

Samsiyah, Siti, Hermansyah Hermansyah, and Arief Kuswidyanarko. 2021. “Efektivitas Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv.” Jurnal Holistika 5(2): 119.

Suriyanti, Yulia, and Munawar Thoharudin. 2019. “Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu.” JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) 3(1): 117.

Zulfikar, Zulfikar, and Laelah Azizah. 2017. “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ma Negeri 1 Makassar.” Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 1(2): 156–66.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Wijayanti, N. ., Nurhasanah, A. ., & Nugraha, F. F. . (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(2), 124–133. https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2677

Issue

Section

Artikel