PENGARUH MEDIA LOKAL WISDOM INDONESIA DENGAN THAILAND BERBASIS CANVA TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2706Keywords:
Lokal Wisdom, Berpikir Kritis,, MediaAbstract
Penelitian Ini Berjudul “Pengaruh Media Lokal Wisdom Indonesia Dengan Thailand Berbasis Canva Terhadap Berpikir Kritis Siswa Di Kelas 4 Sd Thammislam Fondation School”. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memperoleh Gambaran Mengenai Kemampuan Berpikir Siswa Pada Lokal Wisdom. Penelitian Ini Dilakukan SD Thammislam Foundation School Tahun Ajaran 2023. Peneltian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pre-test post-test control group design dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan Media Lokal Wisdom Indonesia berbasis canva dan kelompok kontrol yang diajarkan menggunakan Media Lokal Wisdom Thailand. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk soal uraian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan uji-t digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 94% siswa yang mencetak nilai tertinggi merasa puas dengan metode pembelajaran media lokal wisdom indonesia dan thailand serta guru lebih mudah mengintegrasikan teknik ini ke dalam kurikulum belajar, meskipun waktu yang dihabiskan untuk pembelajaran kurang dari 85%. Mayoritas siswa memberikan respons positif sebesar 92%, yang menunjukkan bahwa teknik ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini menunjukkan bahwa guru dan lembaga pendidikan harus memfokuskan upaya mereka untuk meningkatkan pembelajaran media lokal wisdom indonesia dan thailand berbasis canva jika ingin meningkatkan keberhasilan dalam mengimplementasikan kemampuan berpikir kritis.References
Aziz, A. F., Kusumaningsih, W., & Rahmawati, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5774
Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan model problem based learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 167-183.
Dewi, N. P. S. R., Wibawa, I. M. C., & Devi, N. L. P. L. (2017). Kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses dalam pembelajaran siklus belajar 7e berbasis kearifan lokal. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 125-133.
Gularso, D., Lukitoaji, B. D., & Noormiyanto, F. (2017). Efektifitas penggunaan model pembelajaran pendidikan Kebudayaan daerah berbasis local genius, local wisdom, dan Riset ditinjau dari keterampilan berpikir kritis calon guru Sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(1), 1-10.
Hunaepi, H., Firdaus, L., Samsuri, T., Susantini, E., & Raharjo, R. (2020). Efektifitas perangat pembelajaran inkuiri terintegrasi kearifan lokal terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 269-281.
Khoirunnisa, Ellis Salsabila, & Vera Maya Santi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 5(1), 74–79
Muhardini, S., Mariyati, Y., Mahsup, M., Ibrahim, I., Khosiah, K., Sudarwo, R., ... & Milandari, B. D. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA KONTEKSTUAL BERBASIS LOCAL WISDOM DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 182-187.
Muhsin, M., Husna, H., & Putri Raisah. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Numeracy, 7(1), 95–108. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1023
Rasli, A., Askois, A., & Lestari, D. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 8(1), 58–64
Ritonga, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Dan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Di Kelas XI SMA PAB 6 Helvetia T.P. 2019-2020
Sela, A. N., Umaroh, I. B., Lestari, W. P., & Budiarso, A. S. (2018). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI LOCAL WISDOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA SMP. Natural Science Education Research, 1(2), 135-14
TURROSYIDAH, A. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY
Kole, H., Laamena, C. N., & Gaspersz, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Padegogik, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2518
Rasli, A., Askois, A., & Lestari, D. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 8(1), 58–64. https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.706
Setiawan, D. (2013). Peran Kepala Adat Dalam Menjaga Kelestarian Budaya Di Desa Rawaheng Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas Tahun 2002-2012. Repository.Ump, 1–25. http://repository.ump.ac.id/5159/2/Dwi Setiawan_BAB I.pdf
Sitonga, N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI KELAS XI SMA PAB 6 HELVETIA T.P. 2019-2020. Skripsi, (UIN Sumat(1), 1–12.