ANALISIS KEMAMPUAN AWAL LITERASI MEMBACA SISWA SD KELAS RENDAH DI KABUPATEN TUBAN
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2729Keywords:
Literasi Membaca, SD Kelas Rendah, Anaslisis KemampuanAbstract
Literasi membaca merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan literasi membaca yang tinggi menjadikan individu mampu memahami informasi yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan awal literasi membaca siswa SD kelas rendah yang ada di kabupaten Tuban. Penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif sesuai hasil tes kemampuan literasi membaca. Subjek penelitian berjumlah 266 dengan rincian 88 siswa pada kelas 1, 86 pada kelas 2, dan 92 pada kelas 3. Soal tes literasi membaca yang digunakan adalah pilihan ganda dengan jumlah soal pada masing-masing kelas adalah 5, 8, dan 10. Literasi membaca yang diperoleh dari hasil penelitian akan dikategorikan menjadi tiga, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Rata-rata kemampuan literasi membaca siswa pada kelas 1, 2, dan 3 masing-masing adalah 46, 41, dan 34 atau semua kelas memiliki kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi membaca siswa SD kelas rendah di kabupaten Tuban masih perlu ditingkatkan.References
D.M. Andikayana, N. Dantes, & I.W. Kertih. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca Level 2 untuk Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 81–92.
Fakihuddin, L., Wijaya, H., Jauhari, S., & Gani, R. H. A. (2020). Tingkat Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN 3 Sikur Lombok Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 425–435.
Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. Litera, 17(1), 90–106.
Irqam. (2022). Disdik Tuban Hadirkan Inovasi dan Perkuat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Retrieved June 13, 2023, from https://suaraindonesia.co.id/news/pendidikan/629845ecad0fc/Disdik-Tuban-Hadirkan-Inovasi-dan-Perkuat-Literasi-untuk-Pendidikan-Berkualitas
Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pioner: Jurnal Pendidikan, 9(1), 127–135.
Rusmono, & Al Ghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Berbasis Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282.
Saryono, D., Ibrahim, G. A., Muliastuti, L., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis: Gerakan Literasi Nasional. Kemdikbud. Jakarta Timur.
Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa dengan Model Blended Learning di Masa Pandemi Covid19. Kadikma, 13(1), 68–73.
Widiyanti, I. S. R., Winata, A., & Cacik, S. (2021). Kemampuan Literasi Mahasiswa PGSD untuk Menyelesaikan Masalah IPA. Pedagogika: Jurnal Pendidikan dan Dinamika Pendidikan, 9(1), 36–43.
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas XI MA Islamiyah Senori Tuban. Prosiding SNasPPM VI Universitas PGRI Ronggolawe (Vol. 6, pp. 659–666).