PENERAPAN KAIDAH TATA BAHASA PADA BAHAN AJAR BIPA

Authors

  • Seriana Universitas Prima Indonesia
  • Aidi Fitri Universitas Prima Indonesia
  • Marina Universitas Prima Indonesia
  • Nurdiana Universitas Prima Indonesia
  • Jamaluddin Nasution Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2739

Keywords:

Kaidah tata bahasa, BIPA, Tingkat pemula

Abstract

Penerapan kaidah tata bahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) memiliki peran penting dalam mempelajari dan menggunakan bahasa Indonesia dengan benar. Penelitian ini membahas mengenai penerapan kaidah tata bahasa dalam bahan ajar BIPA tingkat pemula. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman yang kuat tentang kaidah tata bahasa menjadi dasar yang penting dalam menguasai bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Penerapan kaidah tata bahasa melalui latihan dan aktivitas komunikatif dapat memperkuat pemahaman dan kemampuan berkomunikasi para pembelajar BIPA. Melalui pemahaman yang baik terhadap kaidah tata bahasa, Pemelajar BIPA dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan tepat serta membangun kemampuan berbicara, membaca, menulis, dan memahami bahasa Indonesia secara keseluruhan. Diharapkan bahwa pemelajar BIPA akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya penerapan kaidah tata bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia tingkat pemula, yang akan membantu mereka berkomunikasi dengan lebih percaya diri dan efektif dalam bahasa Indonesia serta melanjutkan pembelajaran bahasa Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.

References

Annisa. 2008. Peningkatan Penguasaan Kosakata dengan Media Wall Chart pada Siswa Kelas 1 SD N 05 Bangsri Kabupaten Jepara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Badan Bahasa. 2012. Pengenalan Program BIPA. http://www.badanbahasa.

Ellis, Rod. (1989). Second Language Learning and Second Language Learners: Growth and Diversity. Retreived from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ404016.pdf

______ 2006. Current Issues in the Teaching of Grammar: An SLA Perspective. (Online)., terdapa pada laman onlinelibrary.wiley.com/doi/10.2307/40264512/, diakses pada 23 Juni 2023.

Fitriani, D. (2017). Tata Bahasa Indonesia: Panduan Lengkap untuk Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

--------. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tata bahasa. Diakses 23 Juni 2023.

Makmun, Arif. 2016. Rancangan Pembelajaran Bahasa Komunikatif Melalui Tata Bahasa Inggris. (Online), terdapat pada laman ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/ article/view/136, diakses pada 23 Juni 2023.

Prihartono, D., & Sumarsono, M. (2019). Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: BIPA Level A1-A2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Suwito, I., & Suryana, Y. (2020). BIPA untuk Pemula: Belajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Usman, dkk. 1979. Ilmu Kosakata. Padang: FKSS IKIP Padang.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Seriana, S., Fitri, A. ., Marina, M., Nurdiana, N., & Nasution, J. (2023). PENERAPAN KAIDAH TATA BAHASA PADA BAHAN AJAR BIPA . Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(2), 166–171. https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2739

Issue

Section

Artikel