PENERAPAN METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA

Authors

  • Fian Tiani Universitas Kuningan
  • Marlina Eliyanti Simbolon Universitas Kuningan
  • Eli Hermawati Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2796

Keywords:

Metode Fonik, Kemampuan Membaca Permulaan, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa pada muatan bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan siswa pada muatan Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 1 Awirarangan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode fonik dan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca permulaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Awirarangan tahun ajaran 2022/2023, dengan jumlah keseluruhan 53 siswa, yang terdiri dari 27 siswa kelas IA sebagai kelas kontrol dan 26 siswa kelas IB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan dan perbedaan peningkatan kemampuan membaca pada siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode fonik dan tidak menggunakan metode fonik. Hal tersebut ditandai dengan hasil uji t yang menunjukan H1 diterima karena thitung > ttabel. Sedangkan hasil uji n-gain menunjukan bahwa kelas eksperimen memiliki kategori sedang dan kelas kontrol memiliki kategori rendah.

References

Abidin , Y., Mulyati , T., & Yunansah , H. (2017 ). Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta : Bumi Aksara.

Aida , S., Suprapti, A., & Nasirun, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik Dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol.3 No.2.

Akda , H. F., & Dafit, F. (2018). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, No.3.

Arikunto, S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Fahrurrozi. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD. Vol. X No.2.

Hadiana, L. H., Hadad, S. M., & Marlina , I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.IV No.2.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah

: Ancangan Metode Dian Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.4 No.1.

Putri, S., & Laily, N. (2021). Efektivitas Metode Fonik Terhadap Penurunan Tingkat Keterlambatan Bicara Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman , Vol.7 No.2

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif R & D. Bandung : Alfabata.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabata.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabata.

Syahputra , O. A. (2017). Pengaruh Metode Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II.B di Madrasah Ibtidaiyah Az - Zahir Palembang. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Tiani, F., Simbolon, M. E. ., & Hermawati, E. . (2023). PENERAPAN METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA . Jurnal Ilmiah Aquinas, 6(2), 172–178. https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2796

Issue

Section

Artikel