PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v6i2.2816Keywords:
Pengaruh, Model, Pembelajaran, BahasaAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bersifat kuantitatif yaitu kelas eksperimen digunakan model Quantum Learning sedangkan dikelas kontrol digunakan metode konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII, sampel penelitian kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menyatakan bahwa dikelas eksperimen dengan melakukan pretest diperoleh rata-rata hasil belajar 62,24 dan postest diperoleh rata-rata hasil belajar 83,79. Sedangkan dikelas kontrol pada pretest diperoleh rata-rata hasil belajar 64,33 dan postest diperoleh rata-rata hasil belajar 74,17 yang artinya model Quantum Learning lebih berpengaruh pada hasil belajar dibanding dengan model konvensional. Kesimpulan penelitian berdasarkan perhitungan uji hipotesis diketahui thitung= 2,994 lebih besar dari ttabel= 1,672 dengan signifikan 5%. Karna thitung ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya “ada pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa”. Saran peneliti, diharapkan kepada setiap guru mata pelajaran Biologi supaya menerapkan model pembelajaran Quantum Learning demi meningkatkan kemampuan yang dimiliki siswa, dan dapat memperbaiki cara belajar mengajar serta menjadi bahan referensi kepada peneliti lanjutan yang relefan dengan penelitian iniReferences
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240-246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Desiana. 2014.Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learningterhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 16 Padang Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Skripsi.
Hamalik, O., & Oemar Hamalik. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.
Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.
Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.
Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2022). Kewirausahaan. CV. Mitra Cendekia Media.
Huda. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-Ruzz Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196-1205.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. PT Bumi Aksara.
Wijana. 2013. Pengaruh model pembelajaran Quantum Learningterhadap Hasil BelajarBiologi Kelas VIII SMP Karangwangi Depok. Jurnal Skripsi