PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 068008 PERUMNAS SIMALINGKAR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Dina Oktaviana Veronika Simanullang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Ester Julinda Simarmata Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Rumiris Lumban Gaol Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Regina Fredrika Sipayung Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Janson Silaban Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika

References

Anni, Chatarina Tri. (2002). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Bintarini, N.K. (2013). Determinasi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Gaya Belajar Dan Pemahaman Konsep IPS pada Siswa Kelas IV SDN Gugus Yudistira Kecamatan Negara. e- Jurnal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3(2) 2-13.

De Porter, B. dan Mike H. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Mizan Pustaka.

De Porter, B., dan Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Familiarizing Learning Comfortable and Enjoyable. Alwiyah Abdurrahman's translation. Bandung: Kaifa Publisher.

Karwati, E., dan Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Muhsetyo, Gatot. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nashar, Drs. (2004). Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Oemar, H. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Rusman, dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Sardiman, A.M (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.

Sipayung, R., dkk. (2023). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 107967 Pelintahan. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 8(1), 1-11.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyono, H. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyono, H. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, .2(1), 8-18.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Simanullang, D. O. V. ., Simarmata, E. J. ., Lumban Gaol, R. ., Sipayung, R. F. ., & Silaban, P. J. . (2024). PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 068008 PERUMNAS SIMALINGKAR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(1), 1–13. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3327