PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SDN 106186 KUBAH SENTANG, KECAMATAN PANTAI LABU

Authors

  • Amnah Lubis SDN 106186 Kubah Sentang
  • Reflina Sinaga Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

problem based learning Model

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran inovatif pada mata pelajaran IPS dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran inovatif pada mata pelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas adalah Penelitian tindakan kelas berangkat dari permasalahan pembelajaran riil dan praktis yang sehari-hari dihadapi oleh pendidik dan peserta didik. PTK bersifat practice driven dan action driven dalam arti bahwa PTK bertujuan memperbaiki secara lansgung di sini dan sekarang sehinga dinamakan juga penelitian praktis (pracrical inquiry) SDN 106186 KUBAH SENTANG, Kecamatan Pantai Labu. Teknik penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran problem based learning.  Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada saat pretest yang mendapat nilai tuntas 5 siswa (14%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 30 siswa (86%), dengan rata-rata hasil belajar siswa 53. Pada postest siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 16 siswa (46%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 19 siswa (54%) dengan rata-rata hasil belajar 63,17. Pada postest siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 29 siswa (83%) dan yang mendapat nilai tidak tuntas 6 siswa (17%) dengan rata-rata hasil belajar siswa 81,17.

References

Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD , Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam PPPPTK untuk Program BERMUTU.Indrawati. 2009.

Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar untuk Guru SD . Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam PPPPTK untuk Program BERMUTU.

Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong, Surabya: Citra Media dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UK Petra Surabaya.

Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Nata, Abuddin. 2004. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Jakarta: Prenada media.

Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Tematik Vol. 6 No. 3 Desember 2016

Purba, Nancy Angelia. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3D) Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Aquinas. Vol. 4 No. 2 Juli 2021

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Lubis, A. ., & Sinaga, R. . (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SDN 106186 KUBAH SENTANG, KECAMATAN PANTAI LABU. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(1), 22–26. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3433