PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SD NEGERI 1 PANTON LUAS, SAWANG ACEH SELATAN

Authors

  • Armiati SD Negeri 1 Panton Luas
  • Midaniati Pane SD Negeri 173629 Simanalese

Keywords:

Inkuiri Model, learning outcomes abilities, Sawang Aceh Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPAS pada penerapan model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Panton Luas tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD SD Negeri 1 Panton Luas, sebanyak 20 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Panton Luas tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswa sebesar 72,75% pada kategori sedang dan meningkat menjadi 80% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan kreativitas belajar dan hasil belajar siswa SD Negeri 1 Panton Luas 

References

Amri, Sofan dan Iif khoiru Ahmadi.2010. Proses Pembelajaran kreatif dan Inovatif dalam kelas. 2010. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Joyce, B., & Weil, M. (1986). Models of Teaching (Third Edition). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Sanjaya,

Wina. 1998. ‘Pengembangan Model Inkuiri Sosial dalam Pelajaran IPS di SD’. Tesis.Bandung: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.-----------. 2006

Strategi Pembelajaran erorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep Dan pembelajaran . Bandung: Hipotesisi.

Marzano, Robert J, et.al,.1988. Dimensions of Thinking: A Frame work for Curiulum and Instructions. Virginia: associations for Supervision and Curiculum Development.

Sari, Marisanita D. 2009, Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa, Skripsi, Universitas Muhammadiyah, 2009, http:// etd.eprints.ums. ac.id/3444/2/ A410050126.pdf

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl.Journal of Primary Education,6(1), 35-43

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Armiati, A., & Pane, M. . (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SD NEGERI 1 PANTON LUAS, SAWANG ACEH SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(1), 27–33. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3434