PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE SDN LUENG SA MADAT, ACEH TIMUR

Authors

  • Badriahi SDN Lueng Sa Madat, Aceh Timur
  • Sistridian Pintamaribot Hutahaeais UPT SDN 21 Perkebunan Tanah Gambus

Keywords:

Think Talk Write Model, learning outcomes abilities, learning models

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran  tipe think thalk write pada mata pelajaran IPS dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran tipe think thalk write pada mata pelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas adalah Penelitian tindakan kelas berangkat dari permasalahan pembelajaran riil dan praktis yang sehari-hari dihadapi oleh pendidik dan peserta didik. PTK bersifat practice driven dan action driven dalam arti bahwa PTK bertujuan memperbaiki secara lansgung di sini SDN Lueng Sa Madat, Aceh Timur. Teknik penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan tmodel pembelajaran inovatif.  Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada saat pretest yang mendapat nilai tuntas 6 siswa (14%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 21 siswa (86%), dengan rata-rata hasil belajar siswa 53. Pada postest siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 9 siswa (46%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 12 siswa (54%) dengan rata-rata hasil belajar 63,17. Pada postest siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 21 siswa (83%) dan yang mendapat nilai tidak tuntas26 siswa (17%) dengan rata-rata hasil belajar siswa 81,17.

References

Dwi, Agustina B, Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Dan Pendekatan Realistic Mathematic Educations (RME) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pada Siswa, Skripsi, Universitas Muhammadiyah, 2009, http:/ / e t d . e p r i n t s . u m s . a c . i d / 3 4 4 4 / 2 / A410050126.pdf

Ennis, R.H. 1985. Goal for A Critical Thinking Curiculum in A.L Costa (ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria: ASCD, 54-57. M

Marzano, Robert J, et.al,.1988. Dimensions of Thinking: A Frame work for Curiulum and Instructions. Virginia: associations for Supervision and Curiculum Development.

Sari, Marisanita D. 2009, Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa, Skripsi, Universitas Muhammadiyah, 2009, http:// etd.eprints.ums. ac.id/3444/2/ A410050126.pdf

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl.Journal of Primary Education,6(1), 35-4

Downloads

Published

2024-02-22