PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SDN 047179. KUTA GERAT

Authors

  • Hirpidanto Barus SDN 047179 Kuta Gerat
  • Badriahi SDN Lueng Sa Madat, Aceh Timur

Keywords:

Contekstual Model, learning outcomes achievment, learning models

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual pelajaranMatematika dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Penelitian tindakan kelas adalah Penelitian tindakan kelas berangkat dari permasalahan pembelajaran riil dan praktis yang sehari-hari dihadapi oleh pendidik dan peserta didik. PTK bersifat practice driven dan action driven dalam arti bahwa PTK bertujuan memperbaiki secara lansgung di sini dan sekarang sehinga dinamakan juga penelitian praktis (pracrical inquiry) SDN 047179. Kuta Gerat. Teknik penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah25 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan tmodel pembelajaran kontekstual.  Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada saat pretest yang mendapat nilai tuntas 5 siswa (14%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 12 siswa (74%), dengan rata-rata hasil belajar siswa 40. Pada postest siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 9 siswa (39%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 16 siswa (61%) dengan rata-rata hasil belajar 63,17. Pada postest siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 17 siswa (89%) dan yang mendapat nilai tidak tuntas8 siswa (13%) dengan rata-rata hasil belajar siswa 85.

References

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334

Mongan, A. L., A, M. A., & Alibasyah, L. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Contekstual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV SDN Santingi. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(5), 149–161.

Rizwan. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan, 2(1), 11–20.

Fitayah, R. (2015). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan kontekstual pada konsep sumber daya alam di MI Terpadu Raudlatul Ulum Bedahan.

Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD , Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam PPPPTK untuk Program BERMUTU.Indrawati. 2009.

Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar untuk Guru SD . Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam PPPPTK untuk Program BERMUTU.

Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong, Surabya: Citra Media dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UK Petra Surabaya.

Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Nata, Abuddin. 2004. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Jakarta: Prenada media.

Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Tematik Vol. 6 No. 3 Desember 2016

Purba, Nancy Angelia. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3D) Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Aquinas. Vol. 4 No. 2 Juli 2021

Downloads

Published

2024-02-22