PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SDN 19 SAMSAM KECAMATAN KANDIS KABUPATEN SIAK PROPINSI. RIAU
Keywords:
Model E-Learning,, Kemampuan Belajar Siswa., Peningkatan Kemampuan belajar, Model problem based learningAbstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran tipe think thalk write pada mata pelajaran IPS dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas adalah Penelitian tindakan kelas berangkat dari permasalahan pembelajaran riil dan praktis yang sehari-hari dihadapi oleh pendidik dan peserta didik. PTK bersifat practice driven dan action driven dalam arti bahwa PTK bertujuan memperbaiki secara lansgung di sini SDN 19 Samsam Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Teknik penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan tmodel pembelajaran inovatif. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada saat pretest yang mendapat nilai tuntas 12 siswa (13%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 12 siswa (76%), dengan rata-rata hasil belajar siswa 53. Pada postest siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 8 siswa (46%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 14 siswa (54%) dengan rata-rata hasil belajar 66. Pada postest siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 20 siswa (83%) dan yang mendapat nilai tidak tuntas 9 siswa (23%) dengan rata-rata hasil belajar siswa 89.References
Ali Lukman, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Perum Balai Pustaka,Jakarta, 1995.
Subari, Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta, 1994.
Amir, M Taufiq, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2009.
Duch, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta, 1995.Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Kencana,Jakarta, 2009.
E. Glazer, Problem Based Instruktion , In M.Orey (Ed), Emergingperspektives on learning, teaching, and technology, (2001). http://www.coe.uga.edu/epltt/ProblemBasedInstruct.htm
Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong, Surabya: Citra Media dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UK Petra Surabaya.
Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Nata, Abuddin. 2004. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Jakarta: Prenada media.
Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Tematik Vol. 6 No. 3 Desember 2016
Purba, Nancy Angelia. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3D) Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Aquinas. Vol. 4 No. 2 Juli 2021