UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DIKELAS IV SDN 065013 MEDAN SELAYANG TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Defensus Situmorang PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dewi Anzelina PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Julinda Simarmata PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Saut Mahulae PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Hasil Belajar, Pengaruh Model pembelajaran inkuiri, Tema 7

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku dikelas IV SD Negeriku 065013 Medan Selayang Tahun Pembelajaran 2022/2023.Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 065013 Medan Selayang sebanyak 24 orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 10 orang siswa atau 41,66%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 14 orang atau 58,33%. Pada siklus II siswa yang memenuhi nilai kriteria ketuntasan ada sebanyak 21 orang atau 87,5%, sedangkan siswa yang tidak tuntas ada sebanyak 3 orang atau 12,5% dengan nilai rata-rata 81,37. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II.Tindakan diberentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Anzelina, D., & TAMBA, I. P. (2020). Perbedaan Model pembelajaran mind mapping dengan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 068003 Medan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 249–265.

Br Purba, S. N., Sinaga, R., Juliana, J., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(6), 1614. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8479

Muis, A. A. (2018). Prinsip-prinsip Belajar dan Pembelajaran. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, I(1), 29–30.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan , Strategi , dan Model Pembelajaran. II, 31–52.

Syamsida & Ratnawati. (2020). Model- Model Pembelajaran. Jakarta. Grafindo Persada

Hayat, M. S. (2018). Hakikat Sains dan Inkuiri. Jurnail Sains Dasar, 2008, 1–21.

Kunandar. (2021). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Gravindo Persada

Darmawan. (2011). Penelitian Tindakan Kelas.

Aqib, Zainal. dkk. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung CV. YRAMA WIDYA

Arikunto, Suharsimi dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.)). Bumi Aksara

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357.

Downloads

Published

2024-02-22