PENERAPAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN E- LEARNING SD NEGERI KABU, PEUREULAK BARAT ACEH TIMUR
Keywords:
Mode e-learning, Kemampuan Belajar Siswa, Kemampuan belajarAbstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kabu, Peureulak Barat dengan menggunakan model pembelajaran inovatif pada mata pelajaran IPS dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran inovatif pada mata pelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas adalah Penelitian tindakan kelas berangkat dari permasalahan pembelajaran riil dan praktis yang sehari-hari dihadapi oleh pendidik dan peserta didik. PTK bersifat practice driven dan action driven dalam arti bahwa PTK bertujuan memperbaiki secara lansgung di sini dan sekarang sehinga dinamakan juga penelitian praktis (pracrical inquiry) SD Negeri Kabu, Peureulak Barat Aceh Timur,. Teknik penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan tmodel pembelajaran inovatif. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada saat pretest yang mendapat nilai tuntas 5 siswa (14%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 13 siswa (86%), dengan rata-rata hasil belajar siswa 43. Pada postest siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 12 siswa (46%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 8 siswa (54%) dengan rata-rata hasil belajar 63,17. Pada postest siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 25 siswa (83%) dan yang mendapat nilai tidak tuntas 15 siswa (17%) dengan rata-rata hasil belajar siswa 81,17.References
Anggrayni, Yenni, 2010, Pengaruh Penerapan Model E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Plus Negeri 17 Palembang, https://core.ac.uk/download/pdf/143971280.pdf C. Koran,
Jaya Kumar, Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolahsekolah Malaysia : Cadangan Pelaksanaan pada Skenario Masa Kini, Pasukan Projek Rintis Sekolah Bestari Bahagian Teknologi Pendidikan, Kementerian Pendidikan Malaysia Chandrawati,
Sri Rahayu, 2010, Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran, Jurnal Cakrawala Kependidikan, Vol. 8, No. 2, September 2010 Gani, Alcianno G, E-Learning sebagai Peran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Pendidikan, https://universitassuryadarma.ac.id/journal/index.php/jsi/article/view/52/50
Herianto, Edy, 2013, E-Learning, Implementasi Teknologi di Era Belajar : kajian pada Matakuliah Kurikulum PKN di Jurusan PIPS FKIP Universitas Mataram, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 20 nomor 1, April 2013
Hidayati, Novi, 2010, Sistem E-Learning untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar : Studi Kasus pada SMA Negeri 10 Bandar Lampung, Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vol. 2, no. 2, September 2010
Koesnandar, 2008, Bagaimana Memanfaatkan Program Schoolnet, Available online form http://www.edukasinet/artikel/index.php?id=76
Ramdani, Rijki et al, 2018, Media Pembelajaran E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung, Indonesia Journal of Islamic Education, vo. 5, no.1