PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAKEM BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK

Authors

  • Nini Widuri SDN Lubuk Pempeng Peureulak Aceh Timur
  • Badriah SDN Lueng Sa, Madat Aceh Timur

Keywords:

PAKEM Model, Student Learning Outcomes, Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pakem berbasis multimedia terhadap hasil belajar tematik. Pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. opulasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN  Lubuk Pempeng  Peureulak  Aceh Timur yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel purposive dan sampel yang digunakan adalah kelas V yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran pakem berbasis multimedia terhadap hasil belajar tematik.termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 83.03.  hasil penelitian yang dilakukan pada saat pretest yang mendapat nilai tuntas 5 siswa (14%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 17 siswa (84%), dengan rata-rata hasil belajar siswa 40. Pada postest siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 9 siswa (39%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 16 siswa (61%) dengan rata-rata hasil belajar 63,17. Pada postest siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 17 siswa (89%) dan yang mendapat nilai tidak tuntas8 siswa (13%) dengan rata-rata hasil belajar siswa 85.  

References

Akbar, Indah Nur. 2014. Penerapan Model PAIKEM untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD N 07 Metro Timur. Skripsi. Universitas Lampung.

Apriani, Dewi dkk.2016. Sistem Pembelajaran di Sekolah Dasar Kelas Rendah Berbasis PAIKEM GEMBROT Guru SD di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.Jurnal Penelitian dan Wacana Pendidikan, 10 (1).16-29.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), Jogjakarta: DIVA Press.

Habibah, Umi. 2012. Penerapan Model PAIKEM untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Datar pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Krandon kota Tegal. Skripsi.Universitas Negeri Semarang.

Indrawati, Setiawan, Wawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta:Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk Program PERMUTU.

Janattaka, Nugranda. 2015. Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kauman 01 Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 1 (1).27-36.

Munir, Fathul. 2011. Guru Agama Islam Dalam Perspektif PAIKEM.Skripsi.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muslimah. 2016. Problematika Guru Sertifikasi Dalam Menerapkan Strategi Berbasis PAIKEM Pada Mata Pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan Banjarmasin. Skripsi.Universitas Islam Negeri Banjarmasin.

Rahmawati,dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Paikem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Belajar IPA Di Kelas V SDN 3 Tompoh.Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5 (10) ISSN 2354-614X.234-249.

Samriah. 2014. Penerapan Pendekatan PAIKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Energi dan Kegunaannya di Kelas IV SDN Kamalu Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4 (11).97-108.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan, Dasim Budimansyah, Danny Meirawan.2009. PAKEM: Pembelajaran Aktif,Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo.

Purba, Nancy Angelia. 2016. Penerapan Teknik Rekayasa Teks dengan Media

Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Tematik Vol. 6 No. 3 Desember 2016

Purba, Nancy Angelia. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3D) Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Aquinas. Vol. 4 No. 2 Juli 2021

Downloads

Published

2024-02-22