PENERAPAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN E- LEARNING UPT SDN 21 PERKEBUNAN TANAH GAMBUS, LIMAPULUH KABUPATEN BATUBARA

Authors

  • Sistridian Pintamaribot Hutahaean SDN 21 Perkebunan Tanah Gambus
  • Reflina Sinaga PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Model Inovatif , Kemampuan Belajar Siswa, Inovatif

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk  penerapan  kemampuan  belajar siswa dengan  menerapkan model pembelajaran e- learning UPT SDN 21 Perkebunan Tanah Gambus, Limapuluh Kabupaten Batubara. Penelitian tindakan kelas adalah Penelitian tindakan kelas berangkat dari permasalahan pembelajaran riil dan praktis yang sehari-hari dihadapi oleh pendidik dan peserta didik. PTK bersifat practice driven dan action driven dalam arti bahwa PTK bertujuan memperbaiki secara lansgung di sini dan sekarang sehinga dinamakan juga penelitian praktis (pracrical inquiry) SUPT SDN 21 Perkebunan Tanah Gambus. Teknik penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa denganmodel pembelajaran e- learning.  Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada saat pretest yang mendapat nilai tuntas 5 siswa (14%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 20 siswa (86%), dengan rata-rata hasil belajar siswa 53. Pada postest siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 16 siswa (46%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 9 siswa (54%) dengan rata-rata hasil belajar 63,17. Pada postest siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 20 siswa (83%) dan yang mendapat nilai tidak tuntas 5 siswa (17%) dengan rata-rata hasil belajar siswa 87.

References

Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD , Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam PPPPTK untuk Program BERMUTU.Indrawati. 2009.

Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar untuk Guru SD . Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam PPPPTK untuk Program BERMUTU.

Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong, Surabya: Citra Media dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UK Petra Surabaya.

Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Nata, Abuddin. 2004. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Jakarta: Prenada media.

Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Tematik Vol. 6 No. 3 Desember 2016

Purba, Nancy Angelia. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3D) Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Aquinas. Vol. 4 No. 2 Juli 2021

Downloads

Published

2024-02-22