PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE SD NEGERI 173629 SIMANALESE, KECAMATAN NASSAU

Authors

  • Midaniati Pane SD Negeri 173629 Simanalese, Kecamatan Nassau
  • Reflina Sinaga PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, tipe word square, kemampuan Belajar Siswa

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran  tipe think thalk write pada mata pelajaran IPS dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe word square SD Negeri 173629 Simanalese, Kecamatan Nassau pada mata pelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas adalah Penelitian tindakan kelas berangkat dari permasalahan pembelajaran riil dan praktis yang sehari-hari dihadapi oleh pendidik dan peserta didik. PTK bersifat practice driven dan action driven dalam arti bahwa PTK bertujuan memperbaiki secara lansgung di sini SD Negeri 173629 Simanalese, Kecamatan Nassau. Teknik penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 22 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan tmodel pembelajaran inovatif.  Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada saat pretest yang mendapat nilai tuntas 9 siswa (14%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 23 siswa (86%), dengan rata-rata hasil belajar siswa 42. Pada postest siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 15 siswa (46%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 17 siswa (54%) dengan rata-rata hasil belajar 66. Pada postest siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 27 siswa (83%) dan yang mendapat nilai tidak tuntas 5 siswa (17%) dengan rata-rata hasil belajar siswa  85.

References

Dwi, Agustina B, Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Dan Pendekatan Realistic Mathematic Educations (RME) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pada Siswa, Skripsi, Universitas Muhammadiyah, 2009, http:/ / e t d . e p r i n t s . u m s . a c . i d / 3 4 4 4 / 2 / A410050126.pdf

Ennis, R.H. 1985. Goal for A Critical Thinking Curiculum in A.L Costa (ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria: ASCD, 54-57. M

Marzano, Robert J, et.al,.1988. Dimensions of Thinking: A Frame work for Curiulum and Instructions. Virginia: associations for Supervision and Curiculum Development.

Sari, Marisanita D. 2009, Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa, Skripsi, Universitas Muhammadiyah, 2009, http:// etd.eprints.ums. ac.id/3444/2/ A410050126.pdf

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl.Journal of Primary Education,6(1), 35-43

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Pane, M. ., & Sinaga, R. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE SD NEGERI 173629 SIMANALESE, KECAMATAN NASSAU. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(1), 77–81. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3443