MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Yuliana Elisabeth Simarmata PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Reflina Sinaga PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Nova Florentina PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dyan Wulan Sari HS PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Julinda Simarmata PGSD Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Pengaruh, Model Pembelajaran take and give, Hasil belajar.

Abstract

Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptik analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 22 Lumban Suhi-Suhi Toruan yang berjumlah 31 orang. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan Pretest dengan rata-rata 58,45 dapat dikatakan kemampuan awalnya cukup. Hasil dari Post-test memiliki peningkatan sebesar 78,96 dapat dikatakan tingkat keberhasilan hasil belajar siswa meningkat. Hasil koefisien korelasi membuktikan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan hasil rhitung > rtabel. rhitung (0,822) > rtabel (0,355) Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dari perhitungan data yang dilakukan, hasil pengujian yaitu thitung > ttabel hasilnya 7,761 > 2,045 dengan taraf signifikan  0,05. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari penelitian di SD Negeri 22 Lumban Suhi-Suhi Toruan dapat dikatakan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe take and give sangat efektif dalam pembelajaran tematik di kelas.

References

Anzelina, D. (2015). Penerapan Metode UTANG (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri No 101731 Kampung Lalang Tahun Pembelajaran 2017/2018. 0–15.

Arikunto. S. 2018. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Huda. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar

Imelda and Anazelina, D. (2019) ‘Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill’, Jurnal of Mathematics Education and Science, 5(1), pp. 11–19.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.

Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.

Setiyawan, H., & Hasti Yunianta, T. N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 162. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3859

Simarmata, E. J. (2017). Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual (CTL) Di Kelas V SDN 060959 Belawan Ester. 7, 357.

Simarmata. J. et.al. (2021) Teori Belajar dan Pembelajaran: Yayasan Kita Menulis.

Sofiani, I. F., Mushafanah, Q., & Kiswoyo, K. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1),40–45. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.3000

Sugiyono 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-02-23