PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 8 LABUHANHAJI

Authors

  • Muhammad Nasir SD Negeri 8 Labuhanhaji
  • Hidayat Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah

Keywords:

STAD of Model, Student Learning Outcomes, Hasil Belajar

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran dan  ada perbedaan model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Pada penelitian ini model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilannya menggunakan Cluster Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPA .termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 80  hasil penelitian yang dilakukan pada saat pretest yang mendapat nilai tuntas 7 siswa (20%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 27 siswa (80%), dengan rata-rata hasil belajar siswa 40. Pada postest siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 12 siswa (36%) sedangkan yang mendapat nilai tidak tuntas 22 siswa (64%) dengan rata-rata hasil belajar 63,17. Pada postest siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 28 siswa (82%) dan yang mendapat nilai tidak tuntas 6 siswa (18%) dengan rata-rata hasil belajar siswa 95

References

Djawa dan Budiono. 2003. Pendidikan Jasmani Bernuansa Sekolah Dasar. Surabaya: Unesa. Suherman, A. 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Depdikbud Dirjen Dikti. Suryanti dkk. Tanpa Tahun. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa.

Habibah, Umi. 2012. Penerapan Model PAIKEM untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Datar pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Krandon kota Tegal. Skripsi.Universitas Negeri Semarang.

Hariyanto, M., Mukhadis, A., & Isnandar, I. (2012). Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan interaksi dalam proses dan hasil belajar mengefrais roda gigi lurus pada siswa SMK. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 35 (1)

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441-451.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM: Pustaka Pelajar

Purba, Nancy Angelia. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3D) Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Aquinas. Vol. 4 No. 2 Juli 2021

Downloads

Published

2024-02-23